PSG juara lebih awal
PSG luar biasa

Persaingan perebutan titel juara Ligue 1 memang sudah berakhir dengan menjadikan PSG sebagai juar selama empat tahun berturut-turut, tapi untuk perebutan kursi liga Champions, masih akan banyak peluang untuk terjadinya kejutan di akhir musim.

Dengan hanya menyisakan tiga pertandingan lagi, semua kemungkinan bisa terjadi. Jarak antara peringkat kedua, Olympique Lyonnais, dengan peringkat enam, OSG Lille, pun hanya 7 poin saja. Dengan hanya ada dua tempat tersisa untuk menemani PSG di liga Champions musim depan, dipastikan perebutan tempat kedua dan ketiga tetap akan terjadi sampai pada akhir musim.

PSG Sudah Aman Menjadi Juara

Jika menilik klasemen sementara, Lyon jelas yang paling memiliki keuntungan karena mereka berada paling dekat  dengan zona liga Champions dan dua dari tiga pertandingan sisa mereka akan menghadapi tim yang saat ini sedang berjuang untuk bisa selamat dari zona degradasi, Ajaccio, dan Stade de Reims. Sedangkan AS Monaco yang berada di posisi ketiga sedikit dirugikan karena dua dari tiga pertandingan sisa mereka akan menghadapi tim papan tengah, En Avant Guingamp, dan Montpellier.

Yang menjadi seru adalah saat dimana kedua tim ini, Olympique Lyonnais dan AS Monaco, akan saling bunuh demi posisi runner-up di pekan 37 di markas Lyon. Dengan jumlah poin yang sama dan hanya berbeda selisih jumlah gol masing-masing klub, pertandingan ini pun akan menjadi ajang mati-matian mereka dalam perebutan titel runner-up.

Nice dan Saint Etienne yang sama-sama mengantongi 57 poin, beda dua poin dari Lyon dan Monaco, juga memiliki nasib yang sama. Mereka berdua juga harus saling membunuh di pekan ke 37 di  markas Nice. Namun, Nice sepertinya sedikit diuntungkan oleh jadwal yang ada, karena mereka hanya menghadapi tim papan tengah, Nantes dan Guingamp. Sedangkan Saint Etienne harus menghadapi laga sengit pula pada pekan terakhir menghadapi Lille. Lille pun masih memiliki peluang, meskipun yang paling kecil, karena mereka tertinggal 6 poin di belakang Lyon dan Monaco. Lille tetap harus konsisten dalam setiap pertandingan jika ingin merebut tiket menuju ke liga champions.