Wales Juara Grup Usai Benamkan Rusia
Wales 3-0 Rusia Grup B Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Wales juara grup usai benamkan Rusia dengan skor telak 3-0 pada laga terakhir Grup B Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stadium Municipal, Toulouse, pada Selasa (21/06/16) dini hari WIB. Gol kemenangan tim besutan Chris Coleman ini masing-masing dibukukan oleh Aaron Ramsey, Neil Taylor dan bintang adalan Wales, Gareth Bale.

Pada pertandingan dini hari tadi Wales mampu menguasai jalannya pertandingan dengan mencatatkan 90 persen penguasaan bola dan mereka pun menghasilkan 19 tembakan percobaan dengan 12 di antaranya tepat sasaran. Rusia yang terus menerus digempur oleh Wales hanya menghasilkan 12 percobaan saja dan cuma dua tembakan yang on target. Dengan tambahan tiga angka ini maka Wales sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan mengemas enam poin dari tiga pertandingan, unggul satu poin dari Inggris di posisi kedua.

Baru 11 menit pertandingan berjalan Wales sudah memimpin lewat gol Ramsey yang menerima umpan dari Joe Allen. Ramsey yang tinggal berhadapan saja dengan penjaga gawang Rusia, Igor Akinfeev, dengan mudahnya mencukil bola yang meluncur ke dalam gawang Rusia. Gol pembuka Ramsey ini menyuntikkan semangat kepada timnya yang terus berupaya untuk menambah gol.

Hasilnya giliran Taylor yang membobol gawang Rusia yang dicetaknya di menit ke-20. Gol Taylor berawal dari tusukan Bale ke lini pertahanan Rusia dan punggawa Real Madrid tersebut kemudian mengirimkan operan kepada Taylor yang dengan sigap menerimanya dan menendang bola dengan keras. Bola sebenarnya berhasil ditepis oleh Akinfeev tetapi pemain yang bersangkutan dengan cepat menyambar bola muntah untuk menjebol gawang Rusia. Di babak pertama ini Wales pun memimpin 2-0 atas Rusia.

Memasuki babak kedua, Wales masih terus mendominasi laga dan beberapa kali pertahanan Rusia terus menerus ditekan oleh para pemain depan Wales. Namun gol ketiga Wales baru tercipta di menit ke-67. Menerima umpan terobosan dari Ramsey, Bale yang berada dalam posisi on side tidak menyia-nyiakan peluang dan dengan sepakan kaki kirinya ia menuntaskan umpan tersebut menjadi gol. Skor 3-0 ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit.