Unggul Tipis Atas Irlandia Utara, Wales Amankan Tiket Babak Perempatfinal
Wales 1-0 Irlandia Utara Babak16 Besar Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Wales amankan tiket babak perempatfinal setelah unggul tipis atas Irlandia Utara pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang dilangsungkan di Parc des Princes, Sabtu (25/6/16) malam WIB. Gol kemenangan The Dragons sendiri tercipta lewat gol bunuh diri pemain Irlandia Utara yakni Gareth McAuley yang menjebol gawangnya sendiri saat laga memasuki menit ke-75 dan karena golnya tersebut membuat tim lawan sukses melaju ke babak selanjutnya.

Laga yang mempertemukan kedua tim ini sejatinya berlangsung sangat alot di mana Wales tampil lebih dominan dengan mencatatkan 56% penguasaan bola berbanding 44%. Selain itu Wales juga unggul dalam hal membuat peluang dengan melepaskan tujuh tendangan percobaan dan satu di antaranya on target.

Irlandia Utara sebenarnya tampil cukup agresif karena merema mampu menghasilkan enam tembakan percobaan dan tiga di antaranya mengarah tepat sasaran. Pertandingan di babak pertama berjalan dengan ketat dengan peluang pertama didapatkan oleh Irlandia melalui sepakan Stuart Dallas di menit ke-10 namun bola masih bisa diamankan oleh Wayne Hennessey. Wales sebenarnya berhasil menjebol gawang Irlandia Utara di menit ke-19 namun wasit justru menganulir gol Aaron Ramsey karena pemain yang bersangkutan dinilai sudah dalam posisi offside.

Setelah itu Wales relatif lebih menguasai jalannya laga namun kedua tim tidak mampu memaksimalkan peluang yang mereka miliki dan babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol. Di babak kedua ini, Irlandia Utara lebih berani untuk mengambil inisiatif menyerang namun peluang emas malah didapat Wales pada menit ke-53. Umpan dari Ramsey disambut oleh Vokes dengan sundulan tetapi bola masih melebar.

Kebuntuan Wales akhir pecah di menit ke-75 setelah McAuley melakukan gol bunuh diri yang berawal dari pergerakan Gareth Bale di sisi kiri. Pemain bintang yang memperkuat Real Madrid itu kemudian mengirimkan umpan ke depan gawang dan McAuley yang mencoba menghalau bola malah memasukan bola ke dalam gawangnya sendiri. Di sisa waktu pertandingan tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta dan dengan hasil ini maka Wales sukses melaju ke babak perempatfinal.