Ulang Tahun Persib Yang Ke-83
Persib banyak meraih prestasi sampai membuatnya menjadi tim yang disegani di Indonesia

Bolahero.com – Hari ini bertepatan dengan hari didirikannya Persib Bandung, pada 14 Maret 1933. Persib berulang tahun yang ke-83. Bandung Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) lahir pada 1923 di kota Bandung yang adalah renkarnasi dari Persib ini, saat itu BIVB adalah organisasi perjuangan kaum nasionalis.

BIVB pernah menghilang, dan akhirnya muncul lagi menjadi dua nama, yaitu Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Keduanya bersatu dan bersepakat untuk menggunakan nama Persib Bandung yang masih bertahan hingga kini.

Persib banyak meraih prestasi sampai membuatnya menjadi tim yang disegani di Indonesia. Persib sudah melakukan perjalan yang panjang, bahkan Persib sudah tiga kali berhasil tampil sebagai runner up pada Kompetisi Perserikatan tahun 1933, 1934, dan 1936. Gelar juara perdana berhasil diraih pada kompetisi 1939 yang berlangsung di Solo.

Seiring berjalannya waktu, Persib banyak mendapatkan prestasi yang gemilang, bahkan pernah juga mengalami naik turun. Namun hal itu tidak membuat Persib mundur, ia terus berjuang hingga dapat melahirkan para pemain timnas yang berkualitas.

Persib tampil sebagai juara Liga Indonesia 1994-1995. Saat itu Persib tampil dengan perbekalan hanya pemain lokal. Persib juga berhasil menembus perempat final Liga Champions Asia kala itu.  Persib menjadi tim tanpa gelar juara. Raihan trofi baru kembali diraih dalam turnamen Celebes Cup 2012. Persib juga berhasil meraih Indonesia Super-League (ISL) 2014 di tangan pelatih Djadjang Nurdjaman.