Buffon berulang tahun ke-38.
Selamat Ulang Tahun Buffon kiper termahal didunia

Siapa yang tidak mengenal Gianluigi Buffon? Dia merupakan salah satu penjaga gawang terbaik dan juga termasuk termahal didunia. Banyak sekali gelar yang sudah diraihnya baik di level klub maupun di tim nasionalnya sendiri. Buffon berulang tahun ke-38 pada tanggal 28 Januari.

Presiden Juventus Andrea Agnelli merasa kiper Gianluigi Buffon layak mendapatkan Ballon d’Or sebelum Buffon pensiun sebagai penghargaan atas apa yang dilakukan selama ini di dunia sepakbola dunia.

Pemain Juventus ini sudah memiliki 154 penampilan bersama tim asuhan Azzurri  serta memperkuat Juventus di lebih dari 500 laga pertandingan. Buffon masih dipercaya menjadi andalan Italia di EURO 2016 mendatang. Tetapi, Untuk Piala Dunia di tahun 2018, jika Italia lolos , disebutkan akan menjadi kiprahnya terakhir Gianluigi Buffon bersama Azurri.

Buffon juga sempat menjadi kiper atau penjaga gawang termahal di dunia saat Juventus menariknya dari Parma pada musim 2001-2002 dengan seharga 37 juta pounds atau sekira Rp731 miliar, pada 15 tahun yang lalu. Transfer pemain tersebut merupakan golongan yang tertinggi untuk ukuran seorang penjaga gawang.

Kabar yang beredar juga mengatakan bahwa Gianluigi Buffon sudah memikirkan kapan waktu yang tepat untuk pensiun. Perkiraan pensiun pada tahun 2018 mendatang, Buffon mengikuti jejak karier kiper legendaris Italia yaitu Dino Zoff yang tampil di Piala Dunia pada tahun 1982 dan usia 40 tahun. Peluang Buffon untuk mengikuti Zoff terbuka lebar.

Walau dirinya sudah menginjak usia 38 tahun, Tetapi Buffon masih sangat tangguh sebagai penjaga gawang. Dia pemain tidak pernah tergantikan baik di Juventus maupun tim nasional Italia. Prestasi terbaik Buffon di Liga Champions adalah menjadi finalis pada tahun 2002 dan 2015.

“Jika saya bisa memaksakan diri untuk bermain di Piala Dunia 2018, saya akan terus berusaha. Setelah itu saya akan menutup pintu dan berhenti bermain sepakbola,” kata Buffon  (dikutip dari : Sky Sport Italia).