Turki Bungkam Ceko Dua Gol Tanpa Balas
Republik Ceko 0-2 Turki Grup D Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Turki bungkam Ceko dua gol tanpa balas saat kedua tim saling berhadapan pada pertandingan terakhir Grup D Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade Bollaert-Delelis pada Rabu, (22/6/16) dini WIB. Kemenangan ini seolah melepas dahaga bagi Turki yang baru meraih poin pertama mereka di turnamen ini setelah anak asuh Fatih Terim ini mengakhiri dua laga terakhir dengan selalu menelan kekalahan.

Turki yang bertekad untuk meraih hasil positif pada laga terakhirnya di Piala Eropa 2016 ini langsung tampil menekan saat wasit meniup peluit tanda dimulainya laga. Republik Ceko sendiri sebenarnya tampil lebih dominan dengan mencatatkan penguasaan bola sebesar 55 persen berbanding 45 persen. Selain itu Republik Ceko juga menghasilkan 12 percobaan dan lima di antaranya on target sedangkan Turki yang terus menerima tekanan bermain lebih efektif dengan membuat delapan attempts dan dua percobaan mereka yang on target berbuah gol.

Berkat kemenangan ini maka Turki berhasil finis di posisi ketiga dengan nilai tiga sedangkan Republik Ceko turun ke posisi keempat dengan hanya meraih satu poin. Dengan finis di posisi ketiga maka Turki masih menjaga peluang untuk melaju ke fase gugur sebagai peringkat ketiga terbaik. Gol kemenangan Turki sendiri masing-masing dibukukan oleh Burak Yilmaz dan Ozan Ofran di masing-masing babak.

Turki membuka keunggulan mereka saat laga baru berjalan selama 10 menit. Emre Mor yang melakukan pergerakan dari sisi kanan kemudian melepaskan umpan tarik kepada Burak Yilmas yang dengan sigap menyontek bola yang gagal dihalau oleh penjaga gawang Republik Ceko, Petr Cech. Setelah gol tersebut, Republik Ceko berusaha keras untuk mencetak gol balasan namun hingga babak pertama berakhir skor masih belum berubah 1-0.

Pada babak kedua, Republik Ceko kembali melancarkan tekanan kepada Turki yang sukses menggandakan keunggulan mereka di menit ke-65. Selcuk Inan yang mampu memanfaatkan buruknya pertahanan tim lawan kemudian melepaskan umpan silang ke tiang gawang Ceko dan diterima oleh Yilmaz yang kemudian mengoper kepada Ozan Tofan. Bola pun meluncur ke dalam gawang Ceko dan gol ini sekaligus menutup pertandingan dengan keunggulan Turki 2-1 atas Republik Ceko.