Transfer Pemain Bola : Setelah Joe Hart, Yaya Toure Jadi Tumbal Pep Berikutnya

Ketika Pep Guardiola datang membesut The Citizen, banyak pemain yang akhirnya dikorbankan, kali ini adalah Yaya Toure.

0
Transfer pemain bola
[Image source gazetaesportiva.com]

Bolehero.com – Meski masuk dalam skema Manchester City di musim 2016 – 2017 dan tidak masuk dalam jajaran pemain yang dibuang dalam transfer pemain bola, nasib Yaya Toure tak sepenuhnya bagus. Gelandang timnas Pantai Gading tersebut tak masuk dalam skuad Josep ‘Pep’ Guardiola yang bermain di Liga Champions musim ini.

Di awal kedatangan mantan pelatih Barcelona ini, Yaya Toure diisukan bakal kembali mengalami nasib yang sama seperti ketika masih bermain di La Liga Spanyol. Saat itu, Toure yang telah bermain sejak 2007 harus tersingkir dari skuad utama Barca karena Pep memasukkannya dalam daftar transfer pemain bola yang bakal ‘dibuang.’ Pep yang saat itu baru datang untuk menangani Barca lebih memilih memainkan Sergio Busquets di lini tengah, Toure pun langsung dipersilahkan untuk pergi hingga akhirnya bermain di Premier League bersama City.

Namun, kabar buruk tersebut tak sepenuhnya benar, Pep mengungkapkan bahwa Toure tetap masuk dalam skema yang akan diusung City di musim ini, berbeda nasib dengan Joe Hart, Wilfired Bony dan Samir Nasri yang di akhir bursa transfer pemain bola musim panas ini berlabuh ke klub lain.

Garansi satu tempat di lini tengah pun memang telah berhasil didapatkannya, namun kabar sedikit tidak mengenakan kembali harus diterima oleh adik pemain belakang Celtic, Kolo Toure. Pemain berusia 33 tahun yang memiliki dribel menawan ini harus tersingkir dari skuad City yang berlaga di Liga Champions.

 

Toure harus merelakan tempatnya di isi oleh pemain-pemain yang baru saja didatangkan oleh Pep di transfer pemain bola musim ini. Yakni Ilkay Gundogan, Fabian Delph hingga Leroy Sane. Sebuah hal yang cukup mengejutkan memang, pasalnya Toure merupakan salah satu pemain tengah City yang cukup berpengalaman di pentas Eropa.

Mantan pemain AS Monaco ini merupakan pemain yang berhasil mencatatkan setidaknya 10 dribel sukses dari 64 dribel yang dilakukan pemain City lainnya dalam 5 musim terakhir penampilan City di Liga Champions. Toure pun pernah meraih trofi juara Liga Champions di musim 2008 – 2009.

Meski begitu, Toure tetap bisa tampil untuk City ketika babak penyisihan grup usai, itu pun dengan catatan Toure masih tetap masuk dalam skuad yang Josep Guardiola yang terkenal tak pandang bulu meski dengan pemain bernama besar.

Sementara itu, Josep Guardiola telah mengambil keputusannya untuk memasukkan siapa – siapa saja yang akan tampil untuk City di Liga Champions musim ini. Di posisi penjaga gawang Pep langsung memasukkan nama Claudio Bravo yang menggantikan Joe Hart yang dipinjamkan ke Torino.

Transfer pemain bola
[Iamge source abiming.blogspot.com]
Di lini belakang Pep memasukkan pemain barunya, John Stones yang ditemani pemain – pemain lama seperti Sagna, Zabaleta Kolarov Clichy dan Otamendi. Sang kapten yang masih mengalami cedera, Kompany juga masuk dalam skuadnya.

Sementara itu di lini tengah dan depan Pep memasukkan semua pemain barunya yang dia dapat selama bursa transfer pemain bola musim panas lalu. Delph, Sane Gundogan dan Nolito. Pemain muda masa depan Nigeria, Kelechi Iheanacho juga masuk dalam skuad City di Liga Champions musim ini.

Manchester City tergabung dalam grup C, the Citizen akan menghadapi raksasa La Liga, Barcelona dan dua tim yang menjadi kuda hitam, Celtic dan Borussia Monchengladbach. Laga pertama mereka akan di mulai pada 13 Oktober nanti menghadapi Monchengladbach pada 13 September di kandang sendiri.

Penjaga Gawang – Claudio Bravo, Willy Caballero
Pemain Belakang – Bacary Sagna, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Aleksandar Kolarov, Gael Clichy, John Stones, Nicolas Otamendi
Pemain Tengah – Fernando, Raheem Sterling, Ilkay Gundogan, Jesus Navas, Kevin De Bruyne, Fabian Delph, Leroy Sane, David Silva, Fernandinho
Pemain Depan – Nolito, Sergio Aguero, Kelechi Iheanacho