Transfer Pemain Bola : Schweinsteiger yang Hancur Bersama Manchester United

Nama besar dan kepiawaiannya di lapangan hijau ternyata tidak menjadi daya tarik klub manapun hingga kini.

0
Transfer pemain bola
[Image source sportal.co.nz]

Bolahero.com – Bursa transfer pemain bola di English Premier League (EPL) memang belum ditutup, namun hingga kini kabarnya belum ada yang berminat untuk menggunakan jasa mantan pemain Timnas Jerman, Bastian Schweinsteiger yang kurang mendapatkan jatah main di Manchester United.

Meski tersisa kontrak hingga dua tahun ke depan, gelandang berusia 32 tahun tersebut bahkan dikabarkan bakal dilepas secara gratis oleh Manchester United.

Pemain yang sebelumnya banyak meraih kesuksesan bersama klub Bundesliga, Bayern Munchen, didatangkan oleh Setan Merah, julukan United di era kepelatihan Louis van Gaal. Saat itu United harus merogoh kocek sebesar GBP 6 juta.

Kehadirannya di United setelah posisinya di Bayern digantikan oleh Thiago Alcantara. Meski, sebetulnya alasan cedera yang menghampiri pemain berposisi gelandang tersebut menjadi penyebab utamanya.

Kini, dengan bergantinya era kepelatihan van Gaal, posisi Schweni tak berubah, bahkan lebih buruk lagi. Pelatih baru United, Jose Mourinho malah menempatkannya di tim cadangan dan diharuskan berlatih dengan para pemain muda mereka.

Transfer pemain bola
[Image source goal.com]
United pun dikabarkan telah memasukkannya dalam daftar transfer pemain bola yang sial dijual, dengan harga yang bisa dibilang sangat murah untuk pemain dengan pencapaian cukup tinggi seperti dirinya, yakni hanya GBP 2 juta. Namun, ternyata hal tersebut tak menarik minat klub-klub besar Eropa untuk merekrutnya.

Selain faktor kebugaran yang dalam beberapa musim ini menjadi kendala, gaji yang sangat tinggi juga menjadi penyebab menurunnya minat kepada pemain yang bulan lalu resmi mengundurkan diri dari tim Panser Jerman.

Dengan tidak adanya minat kepada Schweni, United kini dikabarkan bakal melepasnya dengan status bebas transfer. Selain untuk menghemat pengeluaran gaji yang mencapai GBP 15 juta, United berharap ada klub di liga luar Eropa seperti Mayor League Soccer Amerika Serikat, maupun liga-liga di Asia seperti di Liga Qatar maupun Tiongkok untuk dapat memanfaatkan tenaganya.

Hal ini pun senada dengan cuitan Schweini di akun media sosial beberapa waktu lalu. Di mana pemain yang hanya mampu mencatatkan 18 penampilan dan satu gol untuk United ini akan mengakhiri pengembaraannya di Eropa bersama Manchester United.

 

Pemain kelahiran Kolbermoor, Jerman Barat ini menjalani karir juniornya bersama FV Oberaudorf pada tahun 1990 hingga 1992. Kemudian selama enam tahun Schweini bermain untuk TSV 1860 Rosenheim. Bakatnya mulai terendus oleh raksasa Jerman, Bayern Munchen, yang akhirnya dirinya pun bermain untuk tim junior mereka pada tahun 1998.

Karirnya pun terus meningkat, pada tahun 2001 hingga 2005 dirinya masuk ke dalam tim kedua bayern. Sejak menjalani debutnya pada November 2002 ketika pelatih Ottmar Hitzfeld memasukkannya sebagai pemain pengganti di laga Liga Champions menghadapi RC Lens, Schweini telah membukukan 45 gol dari 342 penampilan.

Bersama Timnas Jerman, Schweini memulai karirnya pada tahun 2000 di timnas kelompok umur 16, berikutnya Schweini tampil di kelompok umur 18, 19 dan 21 tahun.

Pada Euro 2004, di laga menghadapi Republik Ceko, di mana dirinya mengkreasikan gol yang dicetak legenda Jerman, Michael Ballack, Schweini memulai karir emasnya bersama timnas senior. 24 gol dan 120 penampilan menjadi pencapaiannya, dan gelar juara dunia pada tahun 2014 menjadi puncaknya.

Kini, Bastian Schweinsteiger berada di akhir perjalanan karirnya, MLS ataupun liga di Asia bisa menjadi penutup karir atau malah akan pensiun di musim ini jika sampai bursa transfer pemain bola ditutup dan dirinya tidak diminati klub manapun.