Transfer Pemain Bola : Rakitic Tolak Pinangan Manchester United, Juventus dan Chelsea

Ivan Rakitic memilih tetap loyal pada Barcelona meski ada 3 klub besar yang meminangnya.

0
Transfer Pemain Bola
[Image Source huffpost.com]

Bolahero.com – Saat bursa transfer pemain bola dibuka, banyak pemain yang merasa ingin pindah ke klub lain akan berlomba-lomba menampilkan kualitas mereka agar dilirik tim-tim besar. Akan tetapi, hal itu justru tidak terjadi pada diri salah seorang pemain dari FC Barcelona, Ivan Rakitic.

Kabarnya, Rakitic didekati oleh 3 klub besar Eropa yang ngebet ingin menggunakan tenagara, yaitu Manchester United, Chelsea dan Juventus. Ketiga klub raksasa dari Inggris dan Italia ini sudah menyiapkan budget besar agar dapat mendatangkan pemain tersebut.

Uniknya, walaupun ketiganya memiliki nama besar dan juga prestasi yang tak dapat lagi disanksikan, Rakitic justru menolak dan menyatakan janji setia terhadap Barcelona, walaupun di musim lalu, dia sering menghuni bangku cadangan dan menonton rekan-rekannya bertanding.

Di musim lalu, Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona lebih banyak memilih pemain lain dibandingkan memainkan Rakitic sebagai starter. Tercatat ada sebanyak 25 kali pertandingan yang mana Rakitic hanya bertindak sebagai pelapis saja.

Transfer Pemain Bola
[Image Source goal.com]
Walaupun begitu, pemain satu ini tidak pernah mengungkapkan ketidaksukaannya akan tidak terpilihnya dirinya sebagai starter.

Bahkan, Rakitic sendiri menghormati kontrak jangka panjangnya bersama Barcelona sampai tahun 2019 mendatang. Jadi dapat dikatakan, usaha Manchester United, Juventus dan Chlesea untuk mendapatkan tanda tangan dari Rakitic pada bursa transfer pemain bola ini akan sulit terlaksana.

Selama ini, sudah banyak yang mencoba merayu Rakitic agar dapat hengkang dari klub Catalan tersebut. Hal ini dikarenakan memang pemain berusia 28 tahun itu memiliki kombinasi pada kekuatan, teknik dan kecepatan serta kemampuan dalam memberikan asis yang akurat.

Sayangnya, di kubu Bercelona sendiri, dia masih kalah bersaing dengan sederet pemain tengah lainnya, seperti salah satunya adalah Andres Iniesta yang seakan-akan tidak akan terganti dari pos-nya sebagai penyuplai bola dan penyambung aliran dari belakang ke depan.

Ivan Rakitic adalah pemain kelahiran Möhlin, Swiss pada tanggal 10 Maret 1988. Jika di kubu Barcelona dia lebih banyak dimainkan sebagai pemain tengah yang menyuplai bola, di Tim Nasional Kroasia, Rakitic lebih sering bermain sebagai penyerang lubang.

 

Rakitic memulai karir sepakbolanya ketika bergabung dengan FC Basel pada tahun 2005. Selama 2005-2007 di FC Basel, Rakitic bermain sebanyak 34 kali dengan menyumbang 11 gol.

Debut pertamanya di Basel adalah pada tanggal 29 September 2005 dengan bermain melawan Široki Brijeg di UEFA Cup atau EUFA Europa League saat ini.

Setelah dari Basel, pada bursa transfer pemain bola waktu itu, dia direkrut dan bergabung dengan klub Jerman Schalke 04 pada tanggal 22 Juni 2007 dan merapat ke Sevilla pada tanggal 28 Januari 2011. Pada tanggal 16 Juni 2014, Barcelona merekrutnya dan dia telah tampil sebanyak 70 kali dengan torehan 13 gol sampai sekarang ini.

Di kubu timnas, Rakitic pernah membela Timnas Swiss U21 dengan tampil sebanyak 4 kali dan menyumbang 1 gol. Di tahun 2009-2010, dia ditarik ke Timnas Kroasia U21 karena dia lebih condong ke Kroasia daripada Swiss. Di Timnas Kroasia U21, Rakitic juga tampil sebanyak 4 kali dan mencetak 2 gol.

Pada tahun 2007, Rakitic dipanggil untuk memperkuat Timnas Kroasia senior dan sudah tampil sebanyak 80 kali dengan perolehan 12 gol sampai saat ini.