Transfer Pemain Bola : Akankah David Alaba Kembali ke Pelukan Pep Guardiola?

Bos Manchester City Pep Guardiola mengaku ingin bekerja sama lagi dengan mantan pemainnya di Bayern Munich, David Alaba.

0
Transfer Pemain Bola
[image source augsburger-allgemeine.de]

Bolahero.com – Transfer Pemain Bola : Bos Manchester City Pep Guardiola mengaku ingin bekerja sama lagi dengan David Alaba. Pernyataan itu juga telah disampaikannya kepada manajemen klub. Alaba adalah salah satu bintang Bayern Munich yang pernah bermain di bawah asuhan Guardiola.

Para pejabat Manchester City rencananya akan bertemu dengan perwakilan internasional dari Alaba. Seperti dilansir The Sun (17/10/2016), kedua belah pihak akan membahas tentang biaya transfer 40 juta pound sterling atau sekitar Rp Rp 637 miliar untuk Alaba.

Rayuan maut The Citizen mungkin bisa menggoyahkan Alaba, tapi Bayern tak akan tinggal diam. Juara Bundesliga itu sadar bahwa Alaba adalah pemain penting dalam tim mereka. Tentu saja mereka tidak akan melepaskan pemain Austria itu dengan mudah. Menurut harian Jerman Bild, Bayern akan mengajukan kontrak senilai 12 juta euro (atau Rp 172 miliar) per tahun untuk Alaba. Jika tawaran itu disetujui, Alaba akan bertahan di Allianz Arena sampai Juni 2021.

Baca juga:

 

Meski kepindahan Alaba ke City belum bisa dipastikan, Guardiola tampaknya sangat yakin bahwa pemain 24 tahun itu akan mendarat di Etihad. Di bawah manajemen Guardiola, Alaba dan timnya berhasil menjadi pemenang Liga Champions pada 2013 silam, serta meraih tiga gelar Bundesliga.

Sebelum bergabung dengan tim pertama Bayern, Alaba mengawali karirnya di akademi muda klub tersebut. Dia awalnya bermain untuk tim U-17 dan U-19, sebelum kemudian dipromosikan ke tim cadangan untuk musim 2009-2010. Pada bulan Januari 2011, pemain Austria ini sempat bergabung dengan TSG 1899 Hoffenheim dengan status pinjaman hingga akhir musim 2010-2011.

Tak lama setelahnya, dia kembali ke Bayern pada awal musim 2011-2012. Dia juga langsung dimasukkan dalam skuad tim pertama. Pada 23 Oktober 2011, Alaba sukses mencetak gol pertamanya untuk Bayern saat melawan Hannover 96. Peristiwa itu rupanya menjadi titik balik bagi Alaba. Karena selama paruh kedua musim 2011-2012, dia berhasil membuktikan dirinya sebagai starter untuk Bayern.

Transfer Pemain Bola
[image source mirror.co.uk]
Saat masih menjabat sebagai manajer Bayern Munich, Guardiola sering menyebut Alaba sebagai “Dewa”. Ini karena, menurut mantan bos Barcelona itu, pemain 23 itu bisa bermain gemilang di posisi manapun.

“Saya sadar bahwa saya bisa bermain di berbagai posisi,” kata Alaba. “Dan saya masih seorang pemain muda yang bisa belajar dari berbagai hal berbeda. Ini baik bagi perkembangan saya.”

Bukan cuma Guardiola yang terkesan dengan permainan Alaba, CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge juga menyebut Alaba sebagai pemain sepak bola yang luar biasa.

“Dia memiliki segalanya yang dibutuhkan pemain kelas dunia: bakat menakjubkan, passion, ambisi untuk mendapatkan yang lebih baik, dan banyak pengalaman, ini luar biasa untuk anak seusianya,” ungkap Rummenigge.

Banyak pelatih yang melihat Alaba sebagai pemain serba bisa. Dia memang cukup sering dimainkan sebagai bek kiri, tetapi dalam beberapa kesempatan, dia juga bisa tampil sebagai bek tengah dan juga gelandang bertahan. Kepada Manchestereveningnews.co.uk (12/10/2016), Alaba mengaku dirinya merasa paling nyaman di lini tengah.

Sejauh ini, dia telah membuat 121 penampilan untuk Bayern Munich. Ketika ditanya apakah dia tertarik untuk pindah ke English Premier League, Alaba mengatakan bahwa dia mengerti kenapa banyak pemain yang pindah ke sana. Hal ini karena, menurutnya, itu adalah salah satu liga terbaik di dunia. Tapi, Alaba juga menilai Bundesliga sama baiknya dengan Liga Premier.

Skill Alaba juga mendapat pujian dari bintang Real Madrid dan mantan rekan setimnya di Bayern, Toni Kroos. Baginya, Alaba adalah pemain yang sangat berbakat dan dia telah menunjukkan kelasnya, baik di Bayern dan tim nasional Austria.