Transfer Pemain Bola : 3 Pemain Top yang Didapatkan Chelsea Secara Gratis

3 Pemain ini memiliki popularitas dan skil sangat hebat, namun Chelsea justru mendapatkannya secara gratis.

0
Transfer pemain bola
[Image source bleacherreport.com]

Bolahero.comTransfer pemain bola merupakan salah satu waktu yang menyita banyak perhatian dari berbagai pihak. Contohnya saja, beberapa waktu lalu, Manchester United mendapatkan Zlatan Ibrahimovic dengan status free transfer yang mana sangat menguntungkan kubu Setan Merah tersebut.

Disebut menguntungkan karena banyak orang tahu bahwa Ibrahimovic merupakan salah satu pemain top dunia yang masih terbukti ketajamannya. Namun, apakah hanya Manchester United saja yang pernah mendapatkan keuntungan dengan mendaratnya pemain kaliber dunia ke klub mereka tanpa harus mengeluarkan dana transfer sepeserpun? Tentu saja tidak karena salah satu rival mereka di EPL, Chelsea, juga kerap mengalami hal yang sama.

Ya, Chelsea merupakan salah satu tim di EPL yang beberapa kali mendapatkan keuntungan dengan berhasil menggaet pemain top dunia secara gratis. Tentu saja, transfer pemain bola secara gratis ini sangat menguntungkan bagi Chelsea karena dapat mendongkrak reputasi serta posisi mereka di tangga EPL.

Berikut ini ada 3 pemain top dunia yang didapatkan Chelsea secara gratis.

1. Michael Ballack

Di tahun 2006 lalu, secara mengejutkan Michael Ballack yang namanya tengah bersinar karena kiprahnya yang sangat moncer bersama Bayern Muenchen dan Timnas Jerman, tiba-tiba memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan kDie Bayern dan memilih untuk bergabung dengan Chelsea.

Transfer pemain bola
[Image source frenchblues.fr]
Tentu saja, Chelsea dengan senang hati menyambut kedatangan Ballack karena selain dia memiliki popularitas dan skil mumpuni, pria yang lahir di Görlitz, Jerman Timur pada tanggal 26 September 1976 tersebut juga berstatus free transfer alias The Blues tidak perlu merogoh kocek sama sekali untuk transfer pemain bola satu ini.

Bersama Chelsea dari tahun 2006 sampai dengan 2010, Ballack tampil sebanyak 105 kali dan berhasil mencetak 17 gol. Dia juga mengantarkan Chelsea untuk memenangi Piala Liga Inggris (2006/07), Piala FA (2006/07, 2008/09 dan 2009/2010), Community Shield (2009) dan Liga Primer Inggris (2009/2010).

2. Gianluca Vialli

Gianluca Vialli adalah pesepakbola terkenal berkebangsaan Italia yang pernah bermain untuk beberapa klub besar di Eropa. Selain menjadi pemain depan di Timnas Italia, dia juga menjadi andalan di Cremonese (1980-1984), Sampdoria (1984-1992) dan Juventus (1992-1996).

Transfer pemain bola
[Image source gianlucavialli.com]
Sayangnya, ketika kontraknya di Juventus berakhir pada tahun 1996, dia menolak memperpanjangnya, padahal kubu Nyonya Tua sedang dalam peak yang sangat bagus. Vialli justru keluar dari kancah Liga Italia dan merumput di Liga Inggris bersama Chelsea dengans tatus bebas transfer.

Transfer pemain bola gratisan ini tentu saja sangat menguntungkan kubu The Blues karena selama bergabung dari tahun 1996 sampai 1999, Vialli tampil sebanyak 58 kali dengan torehan 21 gol. Setelah pensiun sebagai pemain, Vialli sempat juga menjadi pelatih Chelsea sekitar tahun 2000-an.

3. Ruud Gullit

Menjadi salah satu trisula maut dari tim Kincir Angin, Belanda, Ruud Gullit menjadi pemain bola yang menjadi incaran banyak klub bola di jagat Eropa pada zamannya.
Pemain yang memiliki nama asli Ruud Dil ini memiliki prestasi bersama banyak klub besar di Eropa seperti Fayenoord Rotterdam, PSV, AC Milan sampai dengan Sampdoria. Untuk klub di Liga Italia, AC Milan dan Sampdoria menjadi langganan hijrahnya, karena kedua klub itu sempat ditinggal dan disinggahi lagi selama dua kali.

Transfer pemain bola
[Image source bleacherreport.com]
Namun, ketika masa kontraknya berakhir di Sampdoria pada tahun 1995, Gullit lebih memilih untuk meninggalkan Italia dan bergabung dengan Chelsea dengan sukarela atau free transfer. Di klub ini, Gullit tampil sebanyak 32 kali dengan mencetak 4 gol saja.

Selain Chelsea, ada banyak pula klub-klub di Liga Inggris yang sempat mencicipi manisnya proses transfer pemain bola secara gratis, seperti halnya Bacary Sagna dari Arsenal ke Manchester City (2014), James Milner dari Manchester City ke Liverpool (2015) sampai dengan Jurgen Klinsman dari Sampdoria ke Tottenham Hotspur (1997).