Tidak Diunggulkan, Portugal Lebih Rileks
Portugal disebut oleh sang pelatih akan tampil lebih rileks

Bolahero.com – Berstatus sebagai tim underdog membuat Portugal lebih rileks jelang laga final Piala Eropa 2016 menghadapi tuan rumah Prancis yang akan dilangsungkan di Stade de France, Senin (11/7/16) dini hari WIB. Hal tersebut diutarakan langsung oleh pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, yang merasa timnya bakal diuntungkan dengan status yang disematkan kepada Cristiano Ronaldo dkk.

Portugal memang cukup tertatih-tatih untuk lolos ke babak 16 besar di mana tim yang berjuluk Seleccao das Quinas ini hanya mampu bertengger di posisi ketiga dengan hanya meraih tiga hasil imbang. Tidak heran banyak yang menilai bahwa Portugal akan kesulitan menundukkan Prancis di partai pamungkas mengingat penampilan tim asuhan Didier Deschamps ini jauh lebih meyakinkan ditambah Prancis sukses melibas tim unggulan lainnya yakni Jerman di skor meyakinkan 2-0 di babak semifinal.

Santos sendiri berujar Portugal lebih rileks jelang laga penting menghadapi Prancis dan dirinya pun merasa optimis timnya akan mampu memetik kemenangan dan menuliskan sejarah baru dengan menjuarai Piala Eropa 2016. “Biarkan saja mereka melanjutkan penilaian tersebut, penilaian jika Portugal menang tanpa layak untuk mendapatkannya. Saya akan pulang dengan rasa penuh suka cita,” ujar Santos seperti yang dilansir Reuters.

“Kami akan menghadapi Prancis di babak final dan mereka akan bermain di kandang sendiri. Prancis memang lebih difavoritkan. Menjadi favorit adalah satu hal dan menjadi juara itu merupakan hal yang lainnya. Saya yakin Portugal yang akan menjadi juara,” lanjut Santos.

Di atas kertas memang Portugal kurang begitu diunggulkan mengingat Prancis berhasil memenangkan 10 pertemuan terakhir atas Portugal sejak tahun 1975 silam. Kemenangan tersebut termasuk kemenangan saat kedua tim berhadapan di babak semifinal Piala Eropa pada tahun 1984 dan 2000 juga di laga semifinal Piala Dunia 2006 lalu.

“Sebelumnya tidak pernah ada final antara Portugal menghadapi Prancis. Sejarah hanya mengatakan pertemuan ada di semifinal dan saya merasa yakin Portugal akan membuat sejarah di partai final kali ini,” terang Santos. “Semua angka dan juga statistik tidak ada artinya pada laga esok,” tutup Santos yang menilai Portugal lebih rileks dalam menatap laga final.