Tidak Cuma Taktik dan Fisik, Chelsea Juga Kerja Keras Benahi Mental

0

Chelsea tidak sekadar bersiap secara fisik dan taktik di periode pramusim ini. Chelsea juga ingin mentalitas para pemain lebih baik setelah melalui musim yang mengecewakan. Chelsea melalui perjalanan berat di musim lalu. Berstatus sebagai juara bertahan dan menjadi unggulan pada awal musim, mereka malah melempem dan selama 27 pekan ada di luar 10 besar klasemen sampai akhirnya finis pada peringkat 10.

Buruknya hasil yang diraih Chelsea terlihat sepanjang 16 pekan pertama dengan Jose Mourinho. Ketika itu mereka hanya menang empat kali serta menelan sembilan kekalahan. Situasi relatif lebih membaik ketika Guus Hiddink datang untuk menggantikan Mourinho sampai akhir musim.

Direktuk Teknik Chelsea Michael Emenalo melihat mentalitas skuatnya pada musim ini. Kekalahan 0-2 dari Rapid Vienna pada laga pramusim pertama sekaligus partai perdana dengan arahan Antonio Conte, dianggap sebagai sinyal awal untuk perubahan mental yang lebih mendesak. Terlepas dari itu semua, Emenalo mengaku sudah melihat upaya besar dari para pemain untuk bisa memperbaiki diri dari musim lalu.

“Saya menyadari jika kami harus bekerja keras. Ini sangatlah penting. Tidak mudah untuk memainkan laga seperti ini sesudah tiga hari berlatih. Di tiga hari tersebut, kami banyak berlatih dalam taktik dan fisik,” ujar Emenalo.

“Tapi saya tidak suka kalah dan ini harusnya sama juga untuk para pemain. Sekarang kami mencoba menemukan solusi yang tepat untuk musim depan. Para pemain bekerja sangat keras untuk bisa mengubah situasi dan untuk mengubah apa yang terjadi di musim lalu.”

“Pada sejumlah momen, saya melihat situasi di musim lalu dan itu tidak bagus karena kami harus mengubah mentalitas. Tapi para pemain ingin berubah dan ini adalah hal yang penting,” tandasnya.

Terkait dengan mentalitas, keputusan Chelsea menunjuk Conte sendiri dapat dibilang tepat. Sosok Conte dikenal sebagai manajer karismatik dan memiliki karakter kuat. Mantan pelatih Juventus dan tim nasional Italia itu sangat tegas terhadap para pemain. Dalam segi permainan, Conte adalah manajer yang taktis dan memperhatikan detail permainan.