steve mandanda
Steve Mandanda Bakal Resmi Berseragam Crystal Palace

Bolahero.com – Crystal Palace langsung bergerak cepat menjelang bursa transfer musim panas 2016. Meski belum secara resmi dibuka, namun pada Jumat (1/7), mereka telah mendatangkan dua pemain baru sekaligus, yakni Steve Mandanda dan Andros Towsend. Tapi yang paling menjadi sorotan adalah kehadiran kiper kawakan Prancis, Mandanda.

Pemain yang diboyong dari Olympique Marseille ini menyusul kompatriotnya di Les Blues yang juga berposisi sebagai penjaga gawang, Hugo Lloris. Di mana Lloris telah terlebih dahulu merasakan atmosfer Premier League bersama Tottenham Hotspur beberapa musim terakhir.

The Eagles sendiri tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendatangkan Mandanda. Paslanya, ia berstatus bebas transfer, setelah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Marseille.

Pembelian Steve Mandanda menjadi pembelian kedua Palace untuk menghadapi musim 2016/17. Beberapa jam sebelumnya, Palace sudah terlebih dahulu mengumumkan pemain anyar mereka, Andros Towsend yang diboyong dari Newcastle United.

Chairman Crystal Palace, Steve Parish, mengakui sangat senang dengan kehadiran Mandanda. Pengalamannya di level internasional maupun di level klub, diharapkan dapat berperan penting bagi The Eagles untuk beberapa tahun ke depan. Parish pun meyakini para fans Palace akan menyukai keputusan tim merekrut kiper asal Prancis itu.

Mandanda sendiri mendapatkan kontrak bersama Crystal Palace berdurasi tiga musim. Namun sepertinya, Mandanda tidak serta merta akan langsung jadi pilihan utama di tim barunya. Kemungkinan besar, Mandanda masih harus bersaing dulu dengan tiga kiper Palace lainnya, yaitu Wayne Hennessey, Alex McCarthy serta Julian Speroni.

Kepindahan Mandanda ke Premier League ini sekaligus memastikan bahwa ia bakal meninggalkan Olympique Marseille, klub yang sudah dibelanya sepanjang sembilan tahun terakhir. Sepanjang bersama L’OM, penjaga gawang 31 tahun itu telah melakoni 433 laga di seluruh kompetisi.

Mandanda saat ini belum diperkenalkan secara resmi oleh pihak Palace, lantaran yang bersangkutan masih berada di Prancis untuk memperkuat timnasnya di Piala Eropa 2016. Akan tetapi, kiper didikan akademi Le Havre itu sama sekali belum dimainkan. Seperti yang diketahui, Didier Deschamps lebih memilih Hugo Lloris ketimbang Steve Mandanda untuk berada di bawah mistar Les Blues.