Pique rayakan golnya ke gawang Ceko

Bolahero.com – Spanyol petik kemenangan tipis atas Ceko dalam partai pertama laga Grup D Euro 2016 yang dilangsungkan di Stadion Municipal, Tolouse, pada Senin (13/6/16) malam WIB. Pada pertandingan tersebut skuad asuhan Vicente del Bosque ini terus membombardir pertahanan Republik Ceko dan hasilnya mereka berhasil meraih tiga angka berkat gol tunggal yang dicetak oleh pemain bertahan Spanyol, Gerrard Pique.

Sang juara bertahan Spanyol tampak menguasai jalannya pertandingan dan bisa dilihat dari penguasaan bola sebesar 70% pada paruh pertama laga. Meski begitu Spanyol juga kesulitan untuk membongkar pertahanan Republik Ceko yang cukup solid.  Hal ini dikarenakan pelatih Ceko, Pavel Vbra, menempatkan setidaknya lima pemain di depan kotak penalti untuk meredam serangan yang dilancarkan oleh kubu Spanyol dan taktik ini terbukti cukup efektif.

Spanyol mencoba menyiasati situasi tersebut dengan memainkan umpan-umpan cepat selain itu mereka juga mengandalkan kecepatan dari Nolito dan David Silva untuk melakukan penetrasi ke area pertahanan lawan. Hasilnya juga tidak terlalu buruk sebab Spanyol mampu menghasilkan beberapa peluang dan peluang pertama datang dari Alvaro Morata pada menit ke-16 namun sepakannya masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Ceko, Petr Cech.

Morata kembali mendapatkan peluang kedua di menit ke-28 tapi lagi-lagi kiper andalan Arsenal tersebut mampu melakukan penyelamatan gemilang. Ceko sendiri nyaris tidak memperoleh peluang sepanjang babak pertama ini karena mereka memang lebih menunjukkan permainan defensif. Satu-satunya peluang mereka terjadi di menit ke-44 namun tembakan keras Tomas Necid berhasil diamankan oleh David de Gea. Dominasi Spanyol terus bertahan hingga babak kedua berjalan dan mereka pun mencatatakan beberapa peluang emas tetapi masih belum juga menghasilkan gol.

Ceko juga mendapatkan beberapa kans melalui set piece tetapi sama seperti Spanyol, mereka pun belum bisa memaksimalkannya menjadi gol. Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu oleh para pendukung Spanyol datang pada menit ke-86. Berawal dari umpan silang yang dikirimkan oleh Andres Iniesta, Pique yang berada di kotak penalti dengan sigap menanduk bola yang meluncur ke dalam gawang Ceko dan skor 1-0 ini sekaligus mengakhiri laga.