Sepakbola Indonesia Hari Ini – Dalam Beberapa Hari, Pengganti Alfred Riedl Akan Diumumkan Secara Resmi

0
Sepakbola Indonesia Hari Ini

Bolahero.com – Sepakbola Indonesia Hari Ini : Beberapa pekan lalu menjadi saksi pupusnya asa Timnas Indonesia dalam perolehan prestasi di kawasan Asia saat mengikuti gelaran Piala AFF 2016 karena kalah di final melawan Thailand.

Dengan kekalahan ini, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) langsung melakukan evaluasi terkait kinerja para official, tim pelatih sampai dengan para pemain Timnas Indonesia. Khususnya untuk urusan pelatih, PSSI langsung tidak meneruskan kontrak untuk Alfred Riedl yang selama ini menjadi pembesut Timnas Indonesia.

Dikarenakan kosongnya posisi pelatih di Timnas Indonesia, maka sejumlah nama bermunculan sebagai kandidat kuat pelatih Tim Garuda tersebut. Mulai dari pelatih-pelatih dari dalam negeri sampai luar negeri terus menghangatkan rumor terkait siapa yang bakal menggantikan posisi Alfred Riedl.

Dikonfirmasi secara terpisah, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan bahwa sampai sekarang PSSI masih dalam proses untuk menentukan siapa yang bakal menjadi pelatih Timnas Indonesia. Menurut kabar yang beredar, ada dua kandidat kuat yang bakal mengisi kekosongan posisi tersebut, yaitu pelatih asing dari Spanyol, yaitu Luis Fernandez dan Luis Milla.

(sumber gambar bola.kini.co.id)

Joko sendiri belum mau membeberkan siapa yang lebih pantas untuk menggantikan posisi Alfred Riedl tersebut dan hanya mengatakan bahwa sampai sekarang ini, PSSI tengah melakukan negosiasi yang sudah memasuki tahap finansial.

Namun, Joko juga mengatakan bahwa semua pihak tidak perlu bertanya-tanya lagi apalagi memunculkan spekulasi karena dalam beberapa hari ke depan, PSSI akan mengumumkan siapa yang bakal menggantikan Alfred Riedl sebagai pembesut Timnas Indonesia (senior) sekaligus merangkap sebagai pelatih untuk Timnas Indonesia U-22.

Walaupun banyak yang menganggap bahwa kinerja PSSI dalam mencari pengganti Alfred Riedl dirasa lambat, namun Joko menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang perlu dilewati sebagai proses untuk menentukan yang terbaik dari yang terbaik.

 

Dalam penjelasannya, Joko mengatakan bahwa banyak faktor yang harus dihadapi PSSi, seperti masalah teknis, finansial dan lain sebagainya. Tidak lupa Joko mengatakan bahwa untuk mendatangkan pelatih yang memiliki kualitas bagus, tentunya harus menyediakan dana yang cukup tinggi. Namun PSSI akan tetap berupaya berpikir secara terukur dan rasional agar tidak terkesan menghambur-hamburkan dana namun justru mendapatkan pelatih dengan harga mahal yang tidak berkualitas.

“PSSI sudah melakukan komunikasi internsif kepada kandidat pelatih. Mungkin hasilnya akan keluar satu minggu atau dua minggu lagi sudah bisa diambil keputusan. Ya kita tunggu saja nanti apa keputusan,” jelas Joko.
Selain Joko, Sekjen PSSI Ade Wellington turut memberikan penjelasan mengenai calon pelatih Timnas Indonesia yang baru. Seperti halnya Joko, Ade juga masih belum mau membeberkan siapa kandidat terkuat yang bakal menjadi pengganti Alfred Riedl. Hanya saja, dia mengatakan bahwa sekarang ini sudah ada kandidatnya dan tinggal menunggu tanda tangan saja.

“Angkanya oke tapi belum sampai final, kita masih bernegoisasi. Mereka sudah setuju dengan angka kontrak itu, tapi kitanya yang masih negosiasi. Dua pelatih yang sudah diumumkan sebagai kandidat itu telah bersedia melatih timnas Indonesia, baik senior maupun U-23. Tapi mereka memiliki beberapa syarat. Sebaliknya PSSI juga punya beberapa syarat. Kita tunggu saja,” ungkap Ade.

Jika memang 2 kandidat tersebut adalah Luis Fernandez dan Luis Milla, maka beberapa hal ini dapat dijadikan sebagai parameternya. Luis Fernandez adalah mantan pelatih Paris Saint-Germain dan juga pernah melatih beberapa klub profesional di Prancis. Sedangkan Luis Milla adalah mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 yang salah satu prestasi terbesarnya adalah membawa David de Gea dkk menjuarai EURO U-21 pada tahun 2011 lalu.