Sepakbola Indonesia Hari Ini : Harapan Nurdin Halid Akan Hasil Kongres PSSI

Sebagai mantan Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid memiliki harapan besar terhadap siapa saja yang nantinya bakal terpilih di kongres.

0
Sepakbola Indonesia Hari Ini

Bolahero.com – Berita dalam kancah sepakbola Indonesia hari ini menginformasikan masalah harapan mantan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Nurdin Halid terkait dengan akan dihelatnya kongres badan sepakbola terbesar di Tanah Air itu pada 17 Oktober nanti.

Nurdin Mengatakan bahwa jika nantinya ada seseorang yang akhirnya terpilih menjadi ketua umum, maka dia berharap keikhlasan atau kelegowoan semua pihak untuk dapat menerimanya.

Dia juga berharap dengan kepemimpinan serta pembentukan kepengurusan PSSI yang baru nantinya dapat membawa sepakbola Tanah Air menjadi lebih baik lagi, seiring dengan sudah dilepasnya status pembekuan beberapa bulan lalu tersebut.

Nurdin meyakini bahwa semua pihak, khususnya para pecinta serta klub-klub bola di Indonesia sudah lama menantikan kembali digelarnya kompetisi resmi di bawah PSSI secara langsung. Selama ini, kompetisi yang digelar hanyalah bersifat temporari karena pihak yang mengadakannya bukan resmi dari PSSI seperti tahun-tahun sebelumnya.

Uniknya, walaupun Nurdin berharap agar PSSI dapat memiliki ketua umum yang memiliki dedikasi tinggi pada sepakbola Tanah Air melalui kongres ini, namun secara umum, lokasi pelaksanaannya sampai sekarang masih menjadi perdebatan.

Sepakbola Indonesia Hari Ini
[Image source Mygosport.net]
Ada yang berharap dilangsungkan di Jakarta sampai dengan Bali. Hingga saat ini belum ada titik temu untuk menentukan di mana kongres PSSI 2016 akan digelar karena tidak ada keputusan bulat dalam penentuannya.

Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga belum mendapatkan surat edaran resmi untuk penggelaran kongres dari PSSI. Untuk itu, Imam Nahrawi ketika ditanya mengenai hal tersebut terkesan enggan menanggapi dan menunggu dikirimkannya surat resmi dari PSSI kepada Kemenpora.

Tidak hanya itu saja, Kompite Pemilihan (KP) juga mempertanyakan sekaligus meninjau ulang tentang dipilihan Kota Makassar sebagai tempat diadakannya kongres PSSI 2016.

Terus bermunculannya perdebatan menengai lokasi kongres, pihak Exco PSSI justru tidak mau berkomentar atau bahkan memberikan tanggapan atas hal itu karena menurut mereka penentuan tempat di Kota Makassar itu merupakan hasil suara terbanyak yang diambil secara voting.

 

Walaupun belum ada titik temu, namun Pemerintah kota Makassar dan segenap elemen sekaligus klub sepakbola di kota tersebut menyatakan siap jika nantinya kongres akan digelar di kota mereka.

Sampai sekarang, ada beberapa kandidat yang bakal menduduki kursi Ketua Umum PSSI, seperti Letjen TNI Edy Rahmyadi, Jenderal Purnawirawan Moeldoko, Erwin Aksa sampai dengan mantan bomber Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto.

Sebelumnya, kongres PSSI ini akan digelar pada awal bulan Juni 2016 lalu diundur menjadi bulan Agustus karena suatu hal. Dan ketika bulan yang ditentukan sudah datang bahkan hampir berganti, kongres belum juga digelar yang mana akhirnya dimundurkan lagi menjadi bulan Oktober 2016 nanti.

Banyak pihak yang berharap jika nantinya dalam kongres dapat menentukan siapa yang menjadi pemimpin dan kepengurusan baru, masyarakat serta klub-klub di Tanah Air akan kembali merasakan atmosfer sepakbola yang baru dan berkualitas sehingga nantinya pemain-pemain bagus yang berlaga dapat terpilih masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia dalam berlaga di kancah internasional.

PSSI adalah organisasi induk yang bertugas mengatur kegiatan olahraga sepakbola di Indonesia yang didirikan pada tanggal 19 April 1930. Ketua umum pertama dari organisasi satu ini adalah Ir Soeratin Sosrosoegondo.

Di masa kepemimpinan Nurdin Halid, ada banyak kasus yang menyelimuti PSSI, salah satunya adalah dengan dihukumnya pria tersebut karena kasus korupsi pengadaan minyak goreng. Dikarenakan menurut FIFA yang menyatakan bahwa seorang ketua umum badan sepakbola suatu negara tidak boleh dipimpin oleh seorang narapidana, maka pada bulan Juni 2011, Djohar Arifin Husin terpilih sebagai Ketua Umum PSSI untuk periode 2011-2015 melalui Kongres Luar Biasa yang dilangsungkan di Solo, Jawa Tengah.