Semi Final Unik, Menggunakan System Trofeo

Bolahero.com – Piala Gubernur Kaltim (PGK) telah selesai hari minggu (6/3/2016), dimana Surabaya United melawan Persiba Balikpapan di laga terakhir.

Surabaya berhasil meraih kemenangan 3-1, yang membuat Surabaya menjadi tim terakhir yang lolos ke semi final sekaligus masuk sebagai jaura Grup C. Sementara dengan lima tim lainnya, yakni Pusamania Borneo (Juara Grup A), Arema Cronus (Runner-up Grup B), Madura United (Juara Grup B), Sriwijaya FC (Runner-up Grup B), Persiba Balikpapan (Runner-up Grup C).

Memasuki semi final kali ini agak unik, dengan menggunakan system trofeo. Artinya tiga tim dalam satu grup akan saling bertemu dalam satu kali kesempatan dengan durasi 45 menit. Contohnya, tim A akan bertanding melawan tim B di menit 45 pertama. Selanjutnya tim A melawan tim C di menit 45 kedua, kemudian tim B bermain melawan tim C di menit 45 ketiga.

Pertandingan Laga Semifinal pertama akan dimainkan oleh Madura United (Grup B) melawan Arema Cronus (Runner-up Grup B) dan Persiba Balikpapan (Runner-up Grup C akan berlangsung 9 Maret mendatang. Sedangkan semi final kedua akan mempertemukan Pusamania Borneo (Juara Grup A) dengan Sriwijaya FC (Runner-up Grup B), dan Surabaya United (Juara Grup C) pada 10 Maret.

Pada babak ini yang meraih kemenangan dalam waktu 45 menit akan mendapatkan poin tiga, menang lewat adu penalti mendapatkan nilai 2, kalah dalam babak adu penalti meraih satu poin, dan kalah dalam 45 menit tidak mendapatkan poin.
Tim Lolos ke Semifinal: 

Pusamania Borneo  (Juara Grup A)

Arema Cronus (Runner-up Grup B)

Madura United (Juara Grup B)

Sriwijaya FC (Runner-up Grup B)

Surabaya United (Juara Grup C)

Persiba Balikpapan (Runner-up Grup C)
Jadwal Semifinal

Rabu 9 Maret: Madura United (Juara Grup B) vs Arema Cronus (Runner-up Grup B) vs Persiba Balikpapan (Runner-up Grup C)

Kamis 10 Maret: Pusamania Borneo (Juara Grup A) vs Sriwijaya FC (Runner-up Grup B) vs Surabaya United (Juara Grup C) .