ISC
Rencana Kickoff ISC Mungkin Bakal Diundur

Bolahero.com – Publik sepakbola di Indonesia sudah sangat merindukan hingar bingar kompetisi jangka panjang yang biasanya rutin diadakan setiap tahun. Namun sejak perseteruan antara PSSI dan Kemenpora, liga dihentikan dan tak kunjung diadakan kembali. Turnamen-turnamen kecil pun dilakukan demi mengobati kerinduan masyarakat Indonesia.

Kabar baiknya, April 2016 ini akan bergulir sebuah kompetisi jangka panjang bertajuk Indonesia Soccer Championship, bersama operator PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS). Sayangnya jadwal kompetisi ISC terancam diundur. Pasalnya hingga saat ini, operator masih belum mengirim kelengkapan yang disyaratkan oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Sebelumnya PT GTS diketahui sudah mengajukan surat izin rekomendasi pada BOPI. Kemudian BOPI memberikan beberapa persyaratan lagi untuk PT GTS dan paling lambat diajukan 14 hari sebelum ISC digelar.

Namun demikian, PT GTS sampai sekarang masih belum merespon. BOPI juga telah mengirim surat peringatan supaya operator ISC itu segera melengkapi persyaratan yang diminta. Sekjen BOPI, Heru Nugroho mengatakan: “Hari ini kami kembali melayangkan surat kepada GTS untuk mengonfirmasi soal persyaratan itu, karena waktu dimulainya (ISC) tidak lama lagi. Kami juga butuh waktu untuk melakukan verifikasi.”

Kabar mengenai diundurnya jadwal Indonesia Soccer Championship ini juga sudah didengar oleh klub-klub peserta sejak beberapa hari yang lalu. Bukan hanya persyaratan yang belum lengkap, namun diundurnya kickoff juga dikarenakan mesti menyesuaikan jadwal Presiden RI Joko Widodo untuk menghadiri pembukaan kompetisi.

Rencana awalnya, Presiden Jokowi bakal menghadiri laga pembuka antara tim tuan rumah Persipura Jayapura vs Sriwijaya FC di Stadion Mandala Jayapura. Namun saat dimintai keterangan, PT GTS memilih untuk diam.

Di sisi lain, manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar tidak menampik kabar tersebut. Ia juga mengaku tak masalah, jika alasan diundurnya kickoff ISC adalah karena kendala itu.

“Kalau kami ingin berlangsung sesuai jadwal. Tapi kalau mundur karena ada ketentuan supaya alebih baik, bukan masalah,” kata Umuh seperti dilansir DetikSport.

ISC sendiri kabarnya akan mempertandingan klub-klub dari ISL serta Divisi Utama.