Rapor Persipura di Kaltim, Sebelum Bertandang ke PBFC

Rapor Persipura kala bertandang ke klub asal Kalimantan Timur: 17 kali main, 6 kali menang, 10 kali seri, serta 7 kekalahan.

0
Persipura Jayapura
Persipura Jayapura

Bolahero.com – Pada minggu ke-10 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Persipura Jayapura akan bertandang ke markas Pusamania Borneo FC (PBFC), Jumat (15/7). Dalam catatan sejarah, sebelumnya Persipura dan PBFC hanya baru pernah berjumpa sekali pada arena Piala Jenderal Sudirman.

Saat itu, keduanya berjumpa di fase group kedua atau perempat final yang terdiri dalam 2 grup. Keduanya yang tergabung di dalam Grup E bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dengah hasil skor akhir 1-1 selama waktu normal 90 menit  dan dilanjutkan hingga ke babak penalti PBFC menang 4-3 pada pertandingan yang 19 Desember 2015 tersebut.

Dalam pertandingan nanti, skuat Mutiara Hitam akan bertindak menjadi tamu di Samarinda. Waktu masih bernama Persisam, klub itu telah kerap bertemu serta sering bertanding di Samarinda.

Dapat dikatakan, kalau skuat Mutiara Hitam sudah tak asing lagi dengan beberapa klub asal Kaltim serta sering bermain disana. Dari mulai Persiba Balikpapan, PKT Bontang, Mitra Kukar, dan termasuk Persisam.

Waktu masih dengan nama Persisam, Peripura 4 kali berkunjung ke Samarinda dengan catatan hasil 1 kali menang, 2 kali seri, serta 1 kali kalah. Hanya saja, kemenangan yang diperoleh itu terjadi pada laga tahun 2011 silam. Sedang pada pertandingan terakhir di Samarinda seringkali berakhir imbang.

Malah rekor baik sebenarnya ditorehkan skuat Mutiara Hitam selagi bertandang ke Mitra Kukar. Bertandang 3 kali di Stadion Aji Imbut, Persipura tidak pernah kalah dengan catatan perolehan 2 kali menang serta satu kali seri.

Hasil cukup baik juga terwujud saat bertamu di Balikpapan kontra Persiba. Dari 6 laga kontra skuat Beruang Madu, Rapor Persipura mencatatkan perolehan 3 kali menang, 2 imbang, serta cuma sekali kalah .

Hanya satu klub dari Kaltim yang jadi sandungan skuad Mutiara Hitam yaitu PKT Bontang. Waktu berkunjung di Bontang, Persipura cuma mampu menang 1 kali. Selebihnya seri 5 kali serta kalah 4 kali .

Rapor Persipura di Bontang itulah yang buat pada umumnya kunjungan skuad Mutiara Hitam ke klub di Kalimantan Timur kurang begitu baik. Dari keseluruhan 17 kali bertandg ke markas beberapa klub asal Kalimantan Timur, Persipura cuma memperoleh 6 kali menang, 10 kali seri, serta alami 7 kali kekalahan.

Dalam pertandingan di Samarinda nanti melawan PBFC, target Mutiara Hitam sangatlah jelas. Mereka mau mencetak kemenangan sesudah pada minggu sebelumnya mereka harus menelan pil pahir atas kekalahan yang diterimanya kala menghadapi tuan rumah Sriwijaya FC.