jamie vardy
Puasa Gol, Vardy Lebih Sering Buat Assist

Bolahero.com – Selama beberapa pekan terakhir, Jamie Vardy belum juga menuntaskan puasa golnya untuk Leicester City. Namun, bukan berarti pemain pujaan publik King Power Stadium itu minim kontribusi bagi timnya.

Sejauh ini langkah Leicester memuncaki klasemen, tak lepas dari kontribusi Vardy. Ia tengah duduk di posisi ke-2 daftar pencetak gol terbanyak Premier League musim ini dengan 19 gol. Termasuk rekor gol di 11 laga secara beruntun. Ia hanya kalah dari Harry Kane (Tottenham Hotspur) yang saat ini telah membukukan 22 gol.

Sayangnya setelah pergantian tahun, ketajaman Vardy menurun. Vardy baru bisa mencetak empat gol bagi Leicester di tahun 2016. Bahkan meski berhasil mencetak dua gol bagi timnas Inggris di laga uji coba internasional melawan Jerman dan Belanda, ia belum mampu menyudahi puasa golnya di enam laga terakhir Leicester.

Untung saja, Leicester masih bisa melewati periode sulit itu dengan meraih lima kemenangan dan satu hasil seri. Total ada tujuh gol yang dibuat The Foxes di enam laga tersebut, masing-masing dibuat oleh Leonardo Ulloa, Andy King, Riyad Mahrez (2), Shinji Okazaki, Wes Morgan, dan satu own goal lawan.

Kendati demikian, Vardy tetap memiliki andil penting di setiap laga yang dilakoni Leicester. Dari enam pertandingan terakhir itu, ia memang tidak mencetak gol. Namun Vardy cukup produktif dalam membuat assist. Tercatat ada tiga assist yang dibuat oleh Vardy, yakni untuk Ulloa (1-0 vs Norwich), Okazaki (1-0 vs Newcastle United) dan terakhir gol Mahrez (1-0 vs Crystal Palace).

Dengan hasil itu, saat ini Vardy telah mencatatkan enam assist di pentas Premier League musim ini. Itu artinya 25 gol dari 55 gol yang dibuat Leicester musim ini tak lepas dari peran Vardy. Bersama gelandang Riyad Mahrez yang berkontribusi dalam 27 gol The Foxes (16 gol dan 11 assist).

Akhir pekan ini Leicester City akan bertandang ke markas Sunderland, Minggu (10/4) malam WIB. Jamie Vardy pun mengusung ambisi untuk melanjutkan kontribusinya. Mungkinkah Vardy bisa mengakhiri puasa golnya atau justru akan menambah catatan asisst? Kita nantikan saja hasil akhirnya.