PSSI Masih Mencari Pelatih Timnas U-19
Hingga saat ini jabatan sebagai pelatih Timnas U-19 masih belum ada yang mengisi

Bolahero.com – PSSI masih mencari pelatih Timnas U-19 lantaran ajang Piala AFF U-19 hanya tinggal menyisakan waktu selama kurang lebih tiga bulan lagi. Dengan waktu yang sempit ini karena kompetisi akan segera dimulai pada bulan September mendatang membuat PSSI terus berupaya untuk mencari sosok yang tepat dan mau menukangi ‘Skuat Garuda Muda’ di ajang Piala AFF U-19 mendatang.

Sebelumnya dari pihak PSSI sendiri memang telah menunjuk Fachri Husaini untuk melatih Timnas U-19 namun Fachri justru memilih untuk menolak tawaran itu. Kemudian PSSI memilih Sutan Harahara untuk menduduki posisi tersebut dan pelatih yang bersangkutan memang menjadi salah satu kandidat kuat. Tetapi belum lama ini Sutan juga menolaknya karena memilih untuk menerima tawaran menjadi pelatih Persela Lamongan.

Karena itu menurut Emral Abus yang menjabat sebagai salah satu anggota tim panelis PSSI ini dari pihaknya masih belum bisa mengambil keputusan terkait dengan siapa yang akan menjadi kandidat pelatih Timnas U-19. “Menurut saya, seseorang yang pelatih Timnas U-19 harus memiliki fokus yang kuat. Waktu yang dimiliki untuk mempersiapkan tim sangat mepet dan persiapannya pun harus matang. Tetapi sampai sekarang kami masih belum tahu seperti apa. Kami akan membicarakan situasi ini dulu dengan anggota Komite Eksekutif PSSI terlebih dahulu,” jawab Emral ketika meladeni pertanyaan dari para awak media.

Emral yang juga dikenal sebagai instruktur pelatih Timnas ini juga mengatakan bila ada beberapa nama yang sempat muncul seperti Jafri Sastra, Rudy Eka Priyambada, Jan Saragih, Eduard Tjong, dan Widodo C. Putro. Hanya saja dari beberapa nama yang muncul tersebut beberapa di antaranya tidak bisa menerima tawaran untuk menduduki posisi sebagai pelatih Timnas U-19 karena mereka ingin fokus dengan klubnya masing-masing.

“Soal Jafri maupun Widodo, kami sudah mendapatkan konfirmasi bila keduanya ingin fokus ke klub. Edu juga baru saja menghubungi kami dan masih belum ada jawaban darinya,” lanjut Emral. “Terkait dengan Rudy dan Jan, namanya memang harus didaftarkan dulu ke PSSI. Rudy memang selama yang kami tahu telah mengantongi lisensi kepelatihan kategori A. Tetapi setahu saya namanya masih belum terdaftar di PSSI,” sambungnya.