takuma asano
Profil Pemain: Takuma Asano, Samurai Baru Arsenal

Bolahero.com – Arsenal baru saja mendatangkan youngster asal Jepang, Takuma Asano, dari Sanfrecce Hiroshima. Bagi The Gunners, Asano adalah pemain asal Jepang ketiga yang pernah merumput untuk mereka.

Takuma Asano sendiri adalah hot assets yang kini tengah banyak diperbincangkan di Jepang. Pemain berusia 21 tahun itu sempat membicarakan masalah transfernya ke Arsenal pada Rabu pada akhir Juni lalu, sebelum pada akhirnya pihak klub mengumumkan secara resmi kepindahan itu, yang mana transfer ini masihlah membuat banyak pihak terkejut.

Takuma Asano merupakan pemain kelahiran Komono, Jepang. Namanya mulai mencuat sejak datang ke Yokkaichi Chuo Kogyo High School di tahun 2010, sebuah institusi yang dihormati oleh para pesepakbola profesional di Jepang. Ia lalu menjadi pencetak gol terbanyak di sekolah itu.

Kemampuannya menjebol gawang lawan membuatnya direkrut oleh Sanfrecce Hiroshima. Tak perlu waktu lama bagi Takuma Asano untuk membantu timnya meraih gelar. Sejauh ini, Asano telah membantu Sanfrecce Hiroshima menyabet dua gelar liga, tiga Piala Super Jepang serta dinobatkan menjadi Rookie of the Year J League 2015. Ia juga membawa Jepang menjadi kampiun Piala AFC U-23 tahun ini.

Mengenai Arsenal, Takuma Asano menjadi Samurai ketiga yang diboyong oleh Wenger, sesudah sebelumnya pernah ada pemain Jepang lainnya, yakni Junichi Inamoto dan Ryo Miyaichi. Wenger menarik Asano ke Emirates Stadium lantaran ia punya akselerasi yang bagus. Bahkan di Jepang, ia punya julukan sebagai ‘Jaguar’. Untuk sprint dengan jarak 50 meter, Takuma Asano hanya butuh waktu 5,9 detik.

Untuk standar kompetisi Premier League, postur tubuh Takuma Asano memang relatif kecil. Pasalnya, ia hanya mempunyai tinggi badan 171 cm. Akan tetapi kekurangannya itu ia tutupi dengan keseimbangan serta power yang bagus. Sementara itu, Wenger kemungkinan bakal menempatkan Takuma Asano sebagai pemain tengah, tidak seperti saat bermain di klubnya yang mana menempatkannya sebagai penyerang tengah.

Asano kerapkali dimasukkan sebagai pemain pengganti untuk meneror bek-bek musuh yang mulai kelelahan. Ia sering melakukan sprint dari belakang lawan, yang bakal berikan The Gunners dimensi baru bila menurunkan Olivier Giroud di pos ujung tombak. Wenger juga dapat memainkan Takuma Asano sisi kanan, sama seperti saat ia membela timnas.