Kolbeinn Sigthorsson
Profil Pemain: Kolbeinn Sigthorsson, Pahlawan Islandia

Bolahero.com – Para penggawa timnas Islandia merayakan kemenangan mereka atas Inggris, yang secara otomatis mengantarkan mereka ke perempat final Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Negara paling kecil diantara peserta Piala Eropa yang lain ini menyingkirkan The Three Lions lewat cara yang istimewa, dengan kemenangan 2-1, Selasa (28/6) dinihari WIB.

Setelah laga usai, semua penggawa Islandia berkumpul ke sudut lapangan. Dengan di pimpin oleh kapten tim, Aron Gunnarsson, mereka memberi tepuk tangan ke arah para pendukung Islandia. Salah satu pemain Islandia terlihat tidak bisa berhenti tersenyum. Dia merupakan Kolbeinn Sigthorsson, pencetak gol penentu ke gawang Joe Hart pada menit ke-18.

Gol itu terwujud lewat cara yang fantastis. Berawal dari umpan pendek Jon Dadi Bodvarsson, Sigthorsson melepas tendangan mendatar dengan kaki kanannya ke arah sudut kiri gawang Hart. Bola yang sempat tertahan tangan Joe Hart terus melaju deras masuk ke dalam gawang.

Ini menandai gol ke-21 Sigthorsson untuk timnas Islandia. Pria yang yang berumur 26 tahun ini telah bermain bersama timnas senior Islandia sejak tahun 2010 dan mengoleksi 43 caps. Hebatnya, pemain satu ini berhasil menjebol gawang tim sebesar Inggris cuma dengan satu percobaan.

Nama Sigthorsson sebelumnya mulai dikenal saat ia memperkuat Ajax Amsterdam, sejak tahun 2011 sampai 2015. Sepanjang empat musim bermain di Eradivisie ia membukukan total 53 gol dari 148 aksinya. Sigthorsson pun berhasil mengusung Ajax Amsterdam menjuarai Eradivisie tiga kali berturut-turut, yakni pada musim 2011/12, 2012/13 serta 2013/14.

Akan tetapi, karir Sigthorsson sempat nyaris berakhir lantaran pernah mengalami patah engkel pada Oktober 2011 lalu. Ia pun mesti mesti absen dalam waktu yang cukup lama. Cedera itu cukup membuat Kolbeinn Sigthorsson frustasi, serta pernah berhasrat untuk pensiun dari dunia sepakbola. Akan tetapi, dia tidak menyerah dan kembali membela Ajax Amsterdam pada 1 April 2012.

Performanya yang terus menurun membuat Kolbeinn Sigthorsson turun ke tim junior Ajax. Sebelum dilego ke Nantes pada musim panas 2015 lalu. Pada musim 2015/16 lalu, dia tercatat menceploskan empat gol dari 29 laga.