ashley williams
Profil Pemain: Ashley Williams, Pahlawan Wales dan Fans Inggris

Bolahero.comAshley Williams menitikan air mata usai Wales berhasil lolos ke babak semi final Piala Eropa 2016. Secara mengejutkan, tim debutan yang dikapteni Williams ini menghajar Belgia 3-1, Jumat (1/7) dinihari WIB. Akan tetapi siapa yang mengira kalau pada saat kecil, Williams merupakan fans sejati The Three Lions.

Williams menceploskan gol penyama kedudukan bagi Wales pada laga kontra Belgia yang di Pierre-Mauroy. Aaron Ramsey mengirim umpan matang dari sepak sudut, yang disambut tandukan terarah Williams ke sisi kiri gawang Belgia. Sementara dua gol Wales lainnya dibukukan oleh Hal Robson Kanu (55’) dan Sam Vokes (85′).

Ini merupakan lesakkan gol kedua bagi Williams di timnas Wales dari 64 caps. Williams juga mencatatkan statistik yang cukup oke pada laga perempat final itu. Pemain berumur 31 tahun membuat empat attemps serta lakukan tiga tekel sukses. Dia melepas 13 kali umpan dengan akurasi 86%.

Kembali ke cerita bahwa Williams kecil adalah fans timnas Inggris. Walau mempunyai kewarganegaraan Wales, Ashley Williams lahir di Wolverhampton, Inggris. Dia bisa membela timnas Wales lantaran keturunan kakeknya, Bill Rowlands.

Williams pertama kali memerankan partai debutnya berbarengan timnas Wales pada 26 Maret 2008 lalu, tepatnya pada laga kontra Luksemburg, dua hari sebelum ia gabung ke Swansea City. Dia dimainkan sepanjang 90 menit serta sukses mengusung The Dragons menang 2-0. Sementara jabatan kapten timnas Wales mulai ia emban pada Oktober 2012. Williams ditunjuk untuk menggantikan Aaron Ramsey, oleh manajer Wales saat ini, Chris Coleman.

Langkah itu awalnya ditentang oleh asisten pelatih Raymond Verheijen lantaran berasumsi Williams belum cukup pengalaman untuk mengemban jabatan itu. Namun, Coleman tidak menarik keputusannya.

Akan tetapi, siapa sangka kalau Williams merupakan fans timnas Inggris. Sejak usianya masih enam tahun, Williams selalu mengikuti perjalanan The Three Lions. Hatinya berkecamuk ketika Wales mesti bertemu Inggris pada matchday ke-2 grup E Piala Eropa 2016 (11/6). The Dragons pada akhirnya takluk 1-2 setelah Daniel Sturridge menceploskan gol di menit akhir.

Di Premier League sendiri, Ashley Williams menjadi satu diantara bek paling tangguh. Sepanjang sembilan musim membela Swansea City, dia sempat menghadirkan gelar Piala Liga Inggris musim 2012/13.