Arkadiusz Milik
Profil Pemain: Arkadiusz Milik ‘The Next Lewandowski’

Bolahero.com – Timnas Polandia saat ini tidak cuma punya Robert Lewandowski, tetapi juga punya senjata andalan baru, yakni Arkadiusz Milik. Pemain yang satu ini cukup bisa diandalkan saat Polandia berjumpa Portugal di fase delapan besar Piala Eropa 2016, Jum’at (1/7) mendatang.

Pada saat Robert Lewandowski tengah mandul ajang ini, Milik justru tampil menonjol sebagai juru gedor Polandia. Milik memang baru mengoleksi satu gol bagi timnas Polandia. Gol itu dibuatnya pada laga pembuka di grup E kontra Irlandia Utara, 12 Juni lalu.

Gol itu tercipta lewat sebuah serangan balik cepat. Terima umpan silang dari Jakub Błaszczykowski, Milik mengontrol bola lalu melepas tendangan kaki kiri ke sebelah kiri gawang. Milik melakukan selebrasi dengan penuh emosi. Dia berteriak-teriak sembari mengepalkan tangannya.

Milik pun didapuk oleh UEFA sebagai Man of the Match pada laga itu. Milik tercatat melepas lima kali ancaman ke gawang Irlandia Utara dan melakukan dua tekel sukses. Secara keseluruhan, pemain Ajax Amsterdam itu melepaskan 23 umpan dengan akurasi 89,3%.

Beberpaa tahun belakangan, Akadiusz Milik juga digadang-gadang sebagai ‘the next Lewandowski’. Milik mungkin saja akan menjadi penyerang besar di masa depan. Mengingat tim yang dibelanya saat ini, Ajax Amterdam, merupakan tim penghasil banyak pemain papan atas, termasuk Zlatan Ibrahimovic dan Luis Suarez.

Milik memulai karier profesionalnya di Ajax pada saat berumur 20 tahun. Dari 16 laga debutnya berbarengan tim asal Belanda itu, Milik berhasil mengoleksi 17 gol serta 7 assist. Jumlah itu berbanding jauh dengan perolehan Ibrahimovic pada saat masih bermain untuk Ajax. Saat itu, Ibracadabra cuma berhasil mengoleksi enam gol serta dua assist. Sementara Suarez menceploskan delapan gol serta enam assist.

Milik pada saat ini masihlah berumur 22 tahun. Sejak dua tahun yang lalu , dia dilabeli sebagai ‘the next Lewandowski’ oleh media-media di Polandia. Pasalnya, Milik mempunyai karakter yang nyaris sama dengan Lewandowski. Ia agresif dan cepat saat berhadapan dengan pemain belakang lawan.

Tapi saat ini yang perlu dipertanyakan, dapatkah Arkadiusz Milik menjaga performanya serta mengusung Polandia melangkah lebih jauh di Piala Eropa 2016?