Prancis Raih Kemenangan Tipis Atas Rumania
Gol telat Payet antarkan kemenangan untuk Prancis

Bolahero.com – Tuan rumah Prancis raih kemenangan tipis atas Rumania pada pertandingan pembuka Euro 2016. Menjamu Rumania di Stade de France pada Sabtu, (11/6/16) dini hari WIB, anak asuh Didier Deschamp ini sempat dibuat kesusahan oleh perlawanan sengit Rumania namun pada akhirnya Les Blues mampu mengunci kemenangan dengan skor akhir 2-1.

Jalannya pertandingan di babak pertama berlangsung cukup seru dan pertandingan juga relatif berjalan cukup seimbang dan bisa dilihat dari perbandingan penguasaan bola kedua tim yang tidak terlalu timpang. Berdasarkan statisik dari Soccerway, Prancis mampu mencatatkan penguasaan bola sebesar 57% sedangkan Rumania sebesar 47%. Prancis juga membuat 10 percobaan dengan empat diantaranya mengarah tepat ke gawang sebaliknya Rumania hanya memiliki enam attempts dan satu yang tepat sasaran.

Saking ketatnya membuat babak pertama berakhir imbang tanpa gol setelah kedua tim saling berbagi serangan dan di babak kedua pertandingan semakin bertambah seru setelah Olivier Giroud memecah kebuntuan timnya dengan membobol gawang Rumania di menit ke-57. Gol Giroud ini berawal dari umpan Payet dan bomber Arsenal itu kemudian menanduk bola yang gagal diamankan oleh penjaga gawang Rumania, Ciprian Tatarusanu.

Tetapi Rumania mampu mencetak gol balasan pada menit 65’ lewat eksekusi penalti Bodgan Stancu. Gol ini berawal dari serangan Rumania yang mampu diredam oleh lini pertahanan Prancis. Namun pelanggaran yang dilakukan oleh Patrice Evra membuat timnya mendapat hukuman penalti dari wasit yang langsung menunjuk titik putih. Stancu yang maju sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik dan skor pun berubah menjadi imbang 1-1.

Saat pertandingan nampaknya akan berakhir dengan hasil imbang munculah Dimitri Payet sebagai pahlawan untuk Prancis. Gol Payet di menit ke-89 membuat Prancis berbalik unggul. Menerima umpan matang dari N’Golo Kante, Payet yang kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti dan bola pun meluncur deras ke gawang Rumania dan skor pun berubah menjadi 2-1 untuk kemenangan Prancis yang untuk sementara ini memuncaki klasemen Grup A dengan poin 3 sedangkan Rumania sendiri berada di dasar klasemen.