Prancis Amankan Tiket Babak 16 Besar Usai Kalahkan Albania
Prancis 2-0 Albania Grup A Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Prancis amankan tiket babak 16 besar usai kalahkan Albania pada pertandingan lanjutan Grup A Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade Velodrome, Kamis (16/6/16) dini hari WIB. Laga tersebut berhasil dimenangi oleh tim asuhan Didier Deschamps yang memetik kemenangan meyakinkan 2-0 atas Albania yang dibuat kerepotan oleh para barisan pemain depan Les Blues disepanjang pertandingan.

Deschamps mengawali babak pertama dengan formasi 4-2-3-1 yang terbukti efektif dalam mengontrol lini tengah. Deschamps juga memilih untuk memainkan Kingsley Coman dan Anthony Martial untuk menggantikan Antoine Griezmann serta Paul Pogba yang tidak menjadi starter pada pertandingan kali ini. Gol kemenangan Prancis sendiri baru tercipta di menit-menit akhir yang dimulai dari gol yang dibukukan oleh Griezmann yang masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-90 dan gol tambahan dari Dimitri Payet di menit injury time.

Berkat kemenangan ini maka Prancis bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan memuncaki klasemen Grup A sekaligus meraih enam poin hasil dari dua kemenangan di dua laga babak fase grup. Sementara itu Albania sendiri menjadi penghuni dasar klasemen dengan catatan dua kali menelan kekalahan yang membuat mereka belum mengantongi poin sama sekali.

Jalannya pertandingan sendiri memang lebih didominasi oleh tuan rumah yang mengambil inisiatif tampil menyerang sejak awal pertandingan. Guna mematahkan serangan Prancis, Albania memilih untuk menumpuk para pemain di kotak penalti dan strategi ini membuat Prancis kesulitan untuk mencetak gol saking banyaknya pemain yang berada di dalam area kotak penalti Albania. Beberapa kali serangan Prancis selalu kandas saking kokohnya pertahanan Albania yang membuat babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Prancis memasukan Pogba untuk menambah daya gedor tim dengan menggantikan Martial. Hasilnya hampir saja Prancis mencetak gol di awal babak kedua namun sayang tandukan Coleman masih melebar. Albania mengancam di menit ke-52 tetapi sundulan Memushaj malah mengenai tiang gawang. Beruntung bagi Prancis karena Griezmann muncul sebagai pahlawan setelah tandukannya merobek jala Albania yang kemudian disusul oleh gol Payet.