Portugal Ditahan Imbang Islandia
Portugal 1-1 Islandia Grup F Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Portugal ditahan imbang Islandia dengan skor 1-1 pada laga pertama Grup F Piala Eropa 2016 yang dilangsungkan di Stade Geoffroy-Guinchard (Saint-Etienne) pada hari Rabu, (15/6/16) dini hari WIB. Hasil ini memang cukup disesali oleh skuad asuhan Fernando Santos lantaran mereka memang membidik kemenangan pada pertandingan kali ini namun pada akhirnya mereka harus puas hanya bisa berbagi angka dengan Islandia.

Berkaca pada statistik pertandingan memang Portugal lebih tampil dominan dengan 66% penguasaan bola belum lagi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juga tercatat menghasilkan 25 tembakan percobaan dengan `10 di antaranya mengarah tepat ke gawang. Islandia sendiri hanya menghasilkan empat percobaan saja dan semuanya tepat sasaran dan dari statistik tersebut memang Islandia cukup kesulitan untuk meladeni permainan A Seleccao das Quinas.

Meski lebih mendominasi namun peluang pertama dimiliki oleh Islandia saat laga memasuki menit ketiga. Gylfi Sigurdsson yang berhasil masuk ke area kotak penalti Portugal kemudian melakukan tembakan keras tetapi usahanya tersebut masih bisa dimentahkan oleh penjaga gawang Portugal, Rui Patricio. Di menit ke-18 giliran Portugal yang mengancam lewat sepakan keras Vierinha yang juga masih bisa dihalau oleh kiper Islandia, Hannes Halldorsson.

Ronaldo juga mendapatkan peluang untuk mencetak gol yang datang di menit ke-23 namun sayang tendangannya masih melambung. Akhirnya Portugal berhasil memimpin setelah pemain mereka, Nani menjebol gawang Islandia di menit ke-31. Gol tersebut dibuatnya setelah ia menyambar umpan yang dikirimkan oleh Andre Gomes dan skor 1-0 ini tidak berubah sampai babak pertama usai.

Di awal babak kedua ini Ronaldo nyaris menggandakan keunggulan timnya andai saja sepakannya tidak melebar. Islandia sendiri lebih banyak bertahan di babak kedua dengan memanfaatkan serangan balik dan hasilnya mereka mampu mencetak gol balasan ke gawang Portugal di menit ke-50. Gol tersebut dicetak oleh Birkir Bjarnason yang berdiri bebas dalam kotak penalti Portugal yang membuatnya dengan leluasa mencocor bola ke gawang Patricio. Hingga wasit meniup peluit panjang skor masih tetap sama 1-1.