Petkovic Puas Dengan Pertahanan Swiss
Tanggapan Petkovic dengan hasil imbang Swiss

Bolahero.com Vladimir Petkovic puas dengan pertahanan Swiss yang cukup padu dan kokoh saat melakoni laga terakhir di Grup A Piala Eropa kontra Prancis. Pada pertandingan yang bergulir di Stade Pierre-Mauroy, Senin (20/06/16) dini hari WIB tersebut Swiss yang berulang kali mendapat tekanan dari Les Blues sukses menjaga gawangnya agar tidak kebobolan sampai pertandingan babak kedua berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Dengan hasil imbang ini maka posisi juara grup digenggam oleh Prancis yang mengantongi nilai tujuh hasil dari tiga laga sedangkan Swiss berhasil mengamankan posisi mereka di posisi kedua dengan lima poin. Kemudian di tempat ketiga diduduki oleh Albania dengan raihan tiga poin berkat kemenangan tipis 1-0 atas Rumania yang hanya menjadi tim juru kunci dengan koleksi satu angka.

Pertandingan antara Swiss dengan Prancis ini pun berjalan dengan sangat ketat di mana Swiss mampu mencatatkan penguasaan bola mencapai 59%. Tetapi di saat yang bersamaan mereka juga kesulitan untuk mengancam gawang Les Blues yang bermain lebih efektif dengan membuat 14 tembakan percobaan sedangkan Swiss hanya memiliki enam attempts dan tak ada yang menemui sasaran sama sekali.

Walau begitu pertahanan Swiss patut mendapat pujian karena Prancis hanya menghasilkan empat shoot on target. Dari statistik tercatat pula jika Swiss 37 kali melakukan ball recovery dengan rincian dua kali melakukan tekel, enam upaya blok dan 23 kali melakukan sapuan. Inilah yang membuat sang pelatih Swiss merasa puas karena timnya mampu bertahan dengan baik sekaligus mengakhiri catatan kemenangan beruntun Prancis.

“Saya merasa sangat puas dengan kinerja yang diperlihatkan oleh keseluruhan tim. Saat tim ini bermain dengan kompak, kami bisa tampil dengan lebih baik. Kita bisa melihat hal itu sejak pertandingan di babak kedua dan kalaupun kami bisa menyingkirkan kesalahan-kesalahan individu maka kami akan bisa jauh lebih baik lagi,” ungkap Petkovic seperti yang dilansir dari situs resmi UEFA.

“Banyak tim yang berlandaskan pada kinerja pertahanan mereka yang bagus dan bermain dengan padu. Itu adalah kunci permainan kami pada hari ini,” timpal Petkovic.