paulo camargo
Persija Jakarta Tetap Kalem, Meski Kick-off ISC Mundur

Bolahero.com – Telah dipastikan kick-off kompetisi periode panjang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 diundur dari agenda awal. Untuk Persija Jakarta, penundaan agenda itu bukan menjadi permasalahan serius. Namun, tak bisa dipungkiri ada pula sisi negatif dari penundaan itu.

Awalannya kick-off ISC 2016 direncanakan diselenggarakan pada 16 April 2016. Laga Persipura Jayapura vs Sriwijaya FC diputuskan menjadi duel pembuka kompetisi. Sayangnya lantaran belum dilengkapinya persyaratan oleh penyelenggara, yakni PT Gelora Trisula Semesta, kompetisi itu pun diundur sampai akhir April 2016.

Kubu Persija Jakarta tidak mempersoalkan perubahan agenda itu. Menurut manajer Persija, Paulo Camargo, mundurnya kick-off ISC ini justru memberi efek positif untuk timnya.

“Dengan penundaan itu, kami mempunyai kesempatan yang lebih panjang untuk mempersiapkan tim. Jadi, saya dapat membangun skuad yang lebih solid,” kata Camargo, Senin (11/4).

“Tidak ada masalah, lantaran memanglah persiapan kami termasuk singkat. Saat ini, saya memiliki banyak waktu untuk membuat Persija menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Dari segi teknis, penundaan agenda itu memang bisa disebut memberi keuntungan. Namun dari segi manajemen dan bisnis, hal semacam itu tidak menguntungkan lantaran bakal menyulitkan Macan Kemayoran untuk mencari sponsor.

“Sponsor menanyakan, ‘ini jadi atau tidak, sih?’ Memang secara teknis ini memberi keuntungan. Namun, dari sisi manajemen, ya, seperti ini keadaannya,” kata Presiden Persija, Ferry Paulus. Menurut dia, Persija awalnya telah berkomunikasi dengan beberapa sponsor dan tinggal meresmikan kerja sama. Akan tetapi, sistem penandatanganan perjanjian kontrak itu terlambat akibat mundurnya ISC.

Tidak sama dengan Persija, tim Mitra Kukar FC, malah menanti agenda dimulainya ISC. Manajer Mitra Kukar, Subangkit menyampaikan kepastian agenda itu sangatlah penting supaya dia dapat mengatur program latihan, mulai dari mengadakan laga uji coba hingga memastikan pembelian legiun asing.

“Kami telah mengawali latihan pada Selasa (5/4) serta belum lakukan uji coba, lantaran masih menanti kepastian agenda ISC A (klub ISL). Lantaran kami telah mengansumsikan ISC A bakal diawali pada 15 April hingga 18 Desember 2016. Akan tetapi menurut berita terakhir, ISC A bakal diawali pada 24 April 2016. Ini bikin kami kesulitan menyusun program latihan permenan,” ungkap Subangkit seperti dikutip Tribunnews.