Pembagian Grup PON XIX 2016
Pembagian Grup PON XIX 2016

Bolahero.comPON XIX 2016 sebentar lagi akan berlangsung. Kemarin Rabu, 24 Agustus 2016 telah usai pula proses pengundian untuk menentukan pembagian grup.

Pengundian dilakukan di Sekretariat Pengurus Daerah Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat yang berlokasi di Jln Lodaya. Dihadiri oleh wakil ketua I KONI Pusat Suwarno, delegasi teknik PSSI Tommy Welly serta ketua bidang pertandingan PB PON 2016 Yudha M. Saputra dan perwakilan 12 tim, pengundian pun berjalan dengan lancar dan tanpa ada kecurangan. Hal itu terlihat karena proses pengundian dilakukan secara langsung pada bejana yang terbuka

Perwakilan 12 tim yang hadir tersebut merupakan perwakilan dari tim-tim yang sebelumnya telah lolos babak kualifikasi dan siap untuk tampil pada ajang PON XIX 2016.

Pengundian pun dilakukan untuk membagi 12 tim tersebut ke dalam tiga grup (Grup A, Grup B, dan Grup C) dengan masing-masing dihuni oleh 4 tim.

Tuan rumah Jawa Barat pada PON kali ini tergabung dalam Grup A bersama tiga tim lainnya yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng), dan Bali.

Sedangkan Grup B dihuni oleh Sumatra Selatan (Sumsel), Kalimantan Selatan (Kalsel), Sumatra Utara (Sumut), dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Sementara Grup C berisi dari tim Kalimatan Timur (Kaltim) yang berstatus juara bertahan, Papua, Bangka Belitung (Babel), dan Gorontalo.

Empat grup tersebut akan menempati empat stadion. Grup A yang berisikan tuan rumah rencananya akan memakai Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Pertandingan tim-tim yang ada di Grup B akan berlangsung di Stadion Patriot Kota Bekasi dan Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi akan menjadi stadion yang digunakan untuk tim-tim grup C berlaga dalam babak penyisihan grup.

Pertandingan babak penyisihan grup akan digelar pada 14 September 2016 atau 4 hari sebelum PON XIX 2016 dibuka.

Berikut lebih jelasnya pembagian grup sepakbola PON XIX 2016:

Grup A:

Grup A
Tim Jawa Barat sedang melakukan latihan

Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Bali

Grup B:

Grup B
Tim Sumatera Selatan saat melawan Tim Jawa Timur pada Uji Coba Pra Pon

Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan

Grup C:

Grup C
Tim Gorontalo

Kalimantan Timur, Papua, Bangka Belitung, Gorontalo