Pelatih Rikjaard Yang Paling Berjasa Buat Messi
Selesai dari pertandingan, Ronaldinho member pendapat kalau Messi akan menjadi pemain terbaik di dunia

Bolahero.com – Lionel Messi adalah pemain bintang Barcelona, ia mengatakan pelatih yang paling berjasa semasa hidupnya bukanlah Pep Guardiola melainkan Frank Rijkaard. Rijkaard pernah melatih Barcelona pada periode 2003-2008, memasuki 6 November 2003, ia memberikan kesempatan kepada Messi yang saat itu masih berumur 16 tahun untuk memerani pertandingan bersama skuat senior Blaugrana ketika menghadapi Porto, 23 November 2003.

Selesai dari pertandingan, Ronaldinho memberkan pendapat kalau Messi akan menjadi pemain terbaik di dunia. Kenyataannya, ia langsung menandatangani kontrak professional bersama Barcelona dari tanggal 2 november 2014.

Hari lepas hari performanya semakin menguat, bahkan sampai sekarang ini ia pernah di didik oleh beberapa pelatih yang berpengalaman, seperti Guardiola, Sergio Batistia, Tito Vilanova, hingga Luis Enrique. Sehingga Messi menjadi pilihan skuat utama dan tercatat sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah di klub tersebut.

“Saya merasa Guardiola adalah pelatih yang bagus, tapi pelatih yang paling berjasa semasa karier saya adalah Rikjaard. Jika memang dia tidak percaya kepada saya, mungkin saya tidak akan masuk ke skuat utama,”ujar Messi.

Messi telah meraih sejumlah trofi dan penghargaan individu, di antaranya lima Ballon d’Or pada 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.