Pelatih Irlandia Utara Sesali Cara Timnya Tersingkir
Tanggapan dari Michael O’Neil usai timnya disingkirkan Wales

Bolahero.com – Pelatih Irlandia Utara sesali cara timnya tersingkir usai mereka dikalahkan oleh Wales di babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang dilangsungkan di Stadion Parc des Princes, Sabtu (25/06/16) malam WIB. Sebenarnya Irlandia Utara mampu mengimbangi pelawanan Wales namun pada akhirnya skuad besutan Michael O’Neil ini mesti tersingkir oleh gol bunuh diri Gareth McAuley yang mengantarkan kemenangan untuk The Dragons.

Irlandia Utara melakoni pertandingan yang sulit kala menghadapi Wales setelah kedua tim sama-sama kesulitan untuk mencetak gol di babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol. Wales mampu menguasai jalannya pertandingan dengan mencatatkan ball possesion mencapai 54%. Meski begitu hingga babak pertama usai, Irlandia Utara mampu menjaga gawang mereka agar tidak sampai kebobolan begitu juga di awal babak kedua yang juga berlangsung dengan alot.

Sayangnya pada akhirnya gawang Irlandia Utara kebobolan juga dan yang cukup menyakitkan adalah gol tersebut dibuat oleh pemain mereka sendiri yang melakukan gol bunuh diri. McAuley yang berupaya menghalau umpan silang Gareth Bale justru mengarahkan bola masuk ke dalam gawang timnya di menit ke-75. Alhasil Wales pun unggul 1-0 dan keunggulan ini bertahan hingga pertandingan berakhir sehingga Irlandia Utara gagal melaju ke babak berikutnya dan kekalahan ini mendapat tanggapan dari pelatih mereka.

“Itu adalah sebuah laga yang berlangsung dengan cukup ketat. Kami tim yang tampil lebih baik di hampir sepanjang laga,” ucap O’Neil kepada Reuters. “Kami sangat pantas paling tidak sampai pada babak perpanjangan waktu. Tetapi saat ini berakhir seperti pada hari ini, saya pikir itu sangat kecam. Menurut saya kami tak mendapatkan sesuatu yang cukup layak,” timpal O’Neil yang masih belum menerima kegagalan timnya di babak 16 besar ini.

Meskipun Irlandia Utara tersingkir karena gol bunuh diri yang dicetak oleh McAuley namun rupanya O’Neil enggan menyalahkan bek berusia 36 tahun tersebut yang menurut penilaiannya sudah tampil cukup baik di sepanjang laga . “Jelas sekali saya tak akan menyalahkannya. Dia harus mengambil keputusan dalam waktu yang cukup singkat,” jawab O’Neil.