Patrick Kluivert Mengisi Posisi Direktur PSG

0
Patrick Kluivert

Posisi direktur Paris Saint-Germain, juara Ligue 1 tersebut memang kosong sejak tiga tahun yang lalu. Leonardo, direktur sepak bola Paris Saint-Germain saat ini dikabarkan sudah menemukan pengganti. Dalam sebuah pengumuman yang mengejutkan pekan lalu, PSG menyatakan bahwa direktur sepak bola baru mereka akan diisi oleh Patrick Kluivert.

Sayangnya kedatangan Kluivert ke PSG tidak diketahui oleh fans dari klub tersebut. Hal itu menjadikan para fans bertanya-tanya bagaimanakah sebenarnya arah yang ingin dituju oleh Paris Saint-Germain.

Kluivert adalah mantan pemain sepak bola dari beberapa klub besar, seperti AFC Ajax, AC Milan, Barcelona, dan mengakhiri karir sepak bolanya di Lille OSC, klub dari Prancis pada musim 2007-2008 lalu.

Semasa karirnya, Patrick Kluivert tidak pernah menjabat sebagai direktur sepakbola. Hubungannya dengan PSG dan Le Championnat juga tak begitu baik.

Semenjak ia pensiun sebagai pemain sepak bola, Kluivert pernah menjadi melatih Jong FC Twente dan tim nasional Curacao. Tidak hanya itu, dirinya pernah menjadi asisten pelatih di beberapa klub, seperti AZ Alkmaar, Brisbane Roar, NEC Nijmegen dan Belanda.

Rencananya, Kluivert juga akan melatih tim muda AJX A1 musim depan. Hanya saja saat ini, ia memposisikan diri di PSG karena pelatih Unai Emery dan asisten direktur olahraga Olivier Letang membutuhkan jawaban dari Patrick Kluivert.

Meski terlihat banyak posisi yang telah Patrick Kluivert kerjakan setelah ia gantung sepatu, namun sejauh ini tidak ada yang benar-benar berhasil.

Seperti yang diungkapkan oleh wakil direktur LOSC, Jean-Michel Vandamme, menurutnya Kluivert bukanlah pilihan yang ideal untuk mengisi jabatan penting. Vandamme memandang Patrick Kluivert lebih mampu bekerja pada posisi horizontal daripada dalam jajaran direksi.

Jean-Michel Vandamme yang telah mengenal baik Kluivert karena bersama-sama di Les Dogues musim 2007-2008 mengakui bahwa Patrick Kluivert adalah seorang yang cerdas dan mampu memberikan contoh namun ia meragukan kepemimpinan yang akan dijalankan oleh Patrick Kluivert. Vandamme ragu, jika Kluivert bisa dapat memberikan perintah kepada Letang untuk menyampaikan pandangannya kepada Emery dengan baik.