yunani juara piala eropa
On this Day (4 Juli): Yunani Juara Piala Eropa

Bolahero.com – Hari ini tahun 2004 lalu jadi sebuah tahun yang penuh keanehan dalam sepanjang sepakbola Eropa. Diawali dari level klub, FC Porto sukses menggondol trofi Liga Champions dengan menaklukkan AS Monaco di final. Di level timnas, Yunani juara Piala Eropa, usai mengandaskan perlawanan tim tuan rumah, Portugal.

Yunani yang keluar sebagai juara Eropa menjadi hal yang paling terkenang. Yunani sendiri sebenarnya lebih dikenal sebagai negara yang identik dengan mitologi dewa, ketimbang sepakbolanya. Masyarakat di seluruh dunia pasti lebih akrab dengan nama Zeus daripada Theodoros Zagorakis (pesepakbola Yunani).

Akan tetapi, semuanya berubah sesudah timnas Yunani melakukan gebrakan di ajang Piala Eropa dengan menaklukkan tuan tim yang saat itu jadi tuan rumah, Portugal, di final. Peristiwa bersejarah Yunani juara Piala Eropa ini berlangsung pada 4 Juli 2004.

Mendekati bergulirnya Piala Eropa 2004, nyaris tak ada yang memperkirakan Yunani akan melaju sampai ke babak final, bahkan juga oleh pendukung Yunani sendiri. Terutama, karena sepakbola mereka memang tidak membanggakan. Yunani cuma pernah bermain di Piala Eropa 1980 serta Piala Dunia 1994, di kedua ajang tersebut mereka langsung tersisih di penyisihan grup.

Komposisi pemain Yunani juga tak menjanjikan. Saat mengumumkan skuad mereka untuk Piala Eropa 2004, cuma delapan pemain dari keseluruhan 23 pemain yang berkompetisi di luar negeri. Akan tetapi publik melupakan bahwa Yunani diarsiteki oleh Otto Rehhagel, manajer yang pernah membuat kejutan dengan mengantar Kaiserslautern jadi kampiun Liga Jerman, sesudah naik divisi.

Rehhagel dengan ‘sihirnya’ pun berhasil memaksimalkan komposisi skuad yang ada dan membalikkan semua ekspektasi publik. Dengan hasil satu kali menang, satu kali imbang imbang dan satu kali kalah, Yunani lolos ke babak gugur dengan status runner up grup A. Yunani lolos lantaran unggul agresivitas gol dari Spanyol.

Di babak perempat-final, pasukan berjuluk Ethniki ini berhasil menjungkalkan Prancis 1-0. Di semi final, Republik Ceko juga sukses mereka singkirkan. Yunani pun bertemu dengan Portugal yang pernah mereka kalahkan di babak grup. Di sinilah dongeng Yunani berakhir dengan bahagia. Gol tunggal Charisteas di babak kedua cukup untuk kembali mengalahkan Portugal. Yunani juara Piala Eropa di depan masyarakat Portugal.