david silva
On this Day (30 Juni): David Silva Resmi Milik Manchester City

Bolahero.comDavid Silva telah menjadi satu diantara pemain kunci Manchester City selama beberapa tahun terakhir. Hari ini (30 Juni) enam tahun yang lalu adalah awal petualangan Silva bersama The Citizens. Pemain yang satu ini resmi dikontrak dengan durasi empat musim oleh tim milik oleh Sheikh Mansour itu pada tahun 2010.

Perekrutan Silva tak lepas dari rivalitas Manchester United dan Manchester City. Selain selalu menyajikan duel panas di atas lapangan, kedua tim asal Kota Manchester ini juga selalu bersaing soal mendatangkan pemain. Setan Merah, yang telah sejak lama jadi tim mapan, sering membuat iri para fans Manchester Biru.

Sederet nama pemain top serta saling bergantian hadir di Old Trafford. Prestasi yang mereka buat pun tidak sedikit. Akan tetapi saat memasuki bursa transfer musim panas 2010, perubahan besar terjadi mulai sejak Sheikh Mansour mengambil alih Manchester City. Ia mengucurkan dana melimpah untuk belanja pemain tim yang saat itu ditangani oleh Roberto Mancini.

Tetangga mereka, Manchester United hanya mengeluarkan dana £ 30 juta untuk memborong empat pemain, yakni Javier “Chicharito Hernandez, Chris Smalling, Bebe, serta Anders Lindegaard. Sementara The Citizens menggelontorkan dana lebih besar, dengan keseluruhan £ 90 juta, termasuk Yaya Toure (Barcelona) serta Mario Balotelli (Inter Milan).

Akan tetapi, pemain yang menjadi sorotan justru adalah David Silva dari Spanyol. Pada 30 Juni 2010, City resmi merekrut pemain Valencia itu dengan kontrak empat tahun senilai £ 24 juta. Usaha The Citizens memperoleh servis Silva tidaklah mulus. Pemain yang pada saat itu juga masuk dalam skuad Spanyol di Piala Dunia Afrika Selatan juga sedang diperebutkan oleh Real Madrid dan Barca.

Mulai sejak kehadirannya di Etihad Stadium enam tahun lalu, David Silva menjadi pujaan para pendukung City. Silva telah menyumbangkan 43 gol dalam 258 laga di seluruh laga. Ia juga memiliki peran besar dalam transformasi City dengan menyabet dua titel Premier League, satu FA Cup, dua Piala Liga, serta satu trofi Community Shield.