mario balotelli
On this Day (28 Juni): Balotelli Hancurkan Jerman di Semi Final Piala Eropa 2012

Bolahero.com – Empat tahun yang lalu, Italia melaju ke partai puncak Piala Eropa 2012 setelah menyingkirkan Jerman di babak semi final. Mario Balotelli saat itu menjadi pahwalan kemenangan Italia atas Der Panser, sekaligus melakuan selebrasi ikonik yang terkenang sampai sekarang.

Laga Italia vs Jerman akan kembali terulang di perempat final Piala Eropa 2016, sesudah kedua tim itu menyingkirkan Spanyol serta Slowakia di fase 16 besar. Partai ini tentunya mengingatkan para penggemar sepakbola dengan semi final Piala Eropa 2012, yang bergulir persis hari ini, empat tahun lalu.

Laga itu disebut-sebut menjadi salah satu duel paling kompetitif sepanjang gelaran Piala Eropa 2012. Walaupun keduanya sama-sama superior, Italia bisa berjalan dengan kepala tegak lantaran senantiasa meraih kemenangan saat bertemu Jerman di ajang resmi. Superioritas Italia atas Jerman selama setengah windu terus berlanjut dan berhasil direpresentasikan oleh Mario Balotelli.

Ya, pemain berjuluk Super Mario bermain ‘super’ bersama Gli Azzuri di National Stadium, Warsawa, Polandia, dengan mencetak dua gol ke gawang Manuel Neuer. Dua gol itu sekaligus mengantarkan Italia ke partai puncak. Dalam laga tersebut, para penonton juga dihibur dengan perayaan gol paling ikonik dari Balotelli, terkecuali selebrasi “Why Always Me?” yang sempat melekat pada dirinya.

Balotelli membuka kran gol Italia di menit ke-20 dengan sundulan. Cuma berselang 15 menit, gawang Neuer kembali jebol oleh penyerang keturunan Ghana itu. Gol kedua ini prosesnya lebih apik. Riccardo Montolivo melepas umpan lambung ke garis depan serta Balotelli menyambutnya dengan tendangan keras ke arah sudut atas gawang yang tidak terjangkau Neuer.

Usai menceploskan brace ini, Balotelli melakukan selebrasi unik dengan melepas jersey, lalu berdiri mematung sembari menunjukkan badan kekarnya. Selebrasi ini pun kemudian menjadi ciri khas pesepakbola ‘bengal’ itu dan ditiru oleh beberapa pesepakbola di berbagai penjuru dunia. Jerman hanya bisa mencetak satu gol hiburan lewat eksekusi penalti Mesut Ozil pada masa injury time.

Namun demikian, Italia pada akhirnya menelan pil pahit setelah dihajar Spanyol 4-0 di babak final. Kegemilangan Balotelli pada laga kontra Jerman itu pun dikenang menjadi satu diantara penampilan individu terbaik selama gelaran Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina.