ronaldo
On this Day (27 Juni): Ronaldo Pecahkan Rekor Gol di Piala Dunia

Bolahero.com – Hari ini 10 tahun yang lalu, tepatnya 27 Juni 2006 jadi momentum yang sangat bersejarah untuk legenda sepakbola asal Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima. Itu lantaran sosok dengan kepala pelontos itu berhasil memecahkan rekor gol di pentas Piala Dunia.

Eks striker timnas Brasil itu mungkin saja bakal senantiasa mengingat momentum seumur hidupnya, di mana ia mencetak gol ke gawang Ghana pada gelaran Piala Dunia 2006. Bagaimana tidak, golnya itu sekaligus memecahkan rekor di Piala Dunia sebagai pencetak gol terbanyak di ajang itu sepanjang masa.

Gol ke gawang Ghana di fase 16 besar itu jadi gol ke-15 Ronaldo di Piala Dunia yang pernah ia ikuti (1998, 2002 dan 2006). Di mana ia mencetak gol perdananya di Piala Dunia pada tahun 1998. Rekor itu memecahkan rekor sebelumnya yang dicatatkan oleh Gerd Muller di tahun 1974, yang berhasil menceploskan 14 gol bagi Jerman Barat sepanjang kiprahnya di Piala Dunia.

Sebelum gol ke gawang Ghana, ia telah menceploskan dua gol di babak penyisihan grup Piala Dunia 2006, serta gol ketiganya di kompetisi itu dilesakkan saat laga baru berjalan lima menit. Merupakan eks pemain tengah AC Milan serta Real Madrid, Ricardo Kaka, yang memberi bola matang kepada Ronaldo untuk menceploskan gol istimewa itu.

Gol itu juga memecahkan rekor yang lain, yang mengusung Ronaldo sejajar dengan legenda Jerman Jurgen Klinsmann sebagai pemain yang selalu menceploskan sekurang-kurangnya tiga gol di tiga edisi Piala Dunia. Dengan kemenangan itu, Brasil berhasil menang 3-0 atas Ghana dan melaju ke perempat final. Akan tetapi juara dunia 2002 mesti tersingkir di perempat final sesudah kalah tipis 1-0 dari Prancis.

Rekor Ronaldo pun sudah berhasil dipecahkan oleh pemain lain di Piala Dunia 2014 Brasil. Penyerang veteran timnas Jerman, Miroslav Klose, mencetak gol ke-16 di ajang itu sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun dari timnas. Di bawah Klose (16), Ronaldo (15) dan Muller (14), terdapat nama-nama pemain seperti Just Fontaine (13), Pele (12) serta Jurgen Klinsmann (11).