alessandro santos
On this Day (20 Juli): Hari Kelahiran Alessandro Santos

Bolahero.com – Nama Alessandro Santos mungkin asing bagi para pencinta sepakbola. Pasalnya, pesepakbola yang satu ini memang lebih populer dengan nama Alex. Ia merupakan pemain naturalisasi Jepang yang juga turut bermain di Piala Dunia 2006. Momen tak terlupakan Alessandro Santos adalah saat membuat assist yang membuat Jepang unggul atas negara kelahirannya, Brasil di Piala Dunia 2006.

Saat itu namanya begitu populer dan kariernya cemerlang. Pesepakbola berkepala pelontos ini lahir di Maringa, Parana, Brasil pada 20 Juli 1977. Ia lalu hijrah ke Negeri Matahari Terbit pada tahun 1994 ketika berusia 16 tahun. Seperti umumnya anak-anak asal Brasil yang lain, Alessandro Santos atau Alex sangat cinta terhadap sepakbola. Jadi tidak heran, jika Alex kemudian berhimpun dengan tim sepakbola di sekolahnya.

Alessandro Santos lalu bergabung dengan tim J League Division 1, Shimizu S-Pulse pada 1997, sebagai tim profesional pertamanya. Bersama Shimizu, pemain dengan postur 178 cm itu bermain cemerlang dan berhasil meraih penghargaan sebagai pemain terbaik J League cuma dalam dua musim pertamanya.

Alessandro Santos kemudian dipanggil ke timnas Jepang dan memulai debutnya untuk timnas pada laga kontra Ukraina pada 2002 atau satu tahun sesudah ia berpindah kewarganegaraan. Ia juga dibawa pasukan Samurai Biru di Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang. Sebelumnya Jepang juga pernah menggunakan pemain naturalisasi lainnya, yakni Wagner Lopes, Daishiro Yoshimura, George Yonashiro, Ruy Ramos, dan Lopes.

Karir Alessandro Santos yang melejit di Jepang mulai terdengar sampai ke negara lain. Ia hampir berkiprah di Eropa saat Charlton Athletic yang saat itu berkompetisi di Premier League menginginkannya. Namun, Alex urung mentas di liga papan atas Eropa itu karena belum memperoleh izin kerja. Alasannya, Alessandro Santos belum punya jumlah aksi minimum bersama timnas, yang mana merupakan syarat utama bagi pemain non-Uni Eropa.

Alex jadi pilihan utama pelatih Jepang saat itu, Zico, untuk mengisi bidang kiri, baik menjadi full-back dalam formasi 4-4-2 ataupun menjadi gelandang dalam formasi 3-5-2. Bagaimana? Sekarang sudah ingat siapa itu Alessandro Santos alias Alex?