andres escobar
On this Day (2 Juli): Andres Escobar Meninggal Tragis Akibat Gol Bunuh Diri

Bolahero.com – Kisah Andres Escobar sepertinya tidak akan lepas dari ingatan para fans sepakbola dunia. Pasalnya, kematian pemain timnas Kolombia ini terbilang tragis dan mengejutkan semua orang. Tepat hari ini 22 tahun yang lalu (1994), Escobar meninggal saat memasuki usia emas, 27 tahun. Escobar tewas secaara mengenaskan di kampung halamannya sendiri, hanya sekian hari sesudah Kolombia tersingkir dari Piala Dunia 1994 Amerika Serikat.

Pada laga penyisihan grup A, Kolombia mesti menghadapi tuan rumah, Amerika Serikat. Laga itu pun digadang-gadang seagai latar belakang meninggalnya Escobar. Kolombia yang saat itu ditangani oleh Francisco Maturana melakoni matchday kedua babak grup di Rose Bowl Stadium, dengan harapan menyabet kemenangan sesudah kalah 3-1 dari Rumania pada laga sebelumnya. Namun apa boleh buat, harapan itu tak jadi kenyataan.

Dihadapan sekitar 90 ribu supporter, Escobar melakukan gol bunuh diri pada saat berupaya memotong umpan pemain AS. AS lalu melipat-gandakan gol melalui Earne Stewart di menit ke-52. Sementara La Tricolor cuma dapat membalas satu gol di akhir laga lewat tendangan Adolfo Valencia. Kolombia memang sempat meraih kemenangan atas Swiss 2-0 pada pertandingan berikutnya. Akan tetapi, itu tidak menolong lantaran Andres Escobar dkk telah dipastikan tersingkir dari grup Piala Dunia 1994 sesudah cuma menuai tiga angka.

Sesudah ajang itu, Escobar mengambil keputusan pulang kampung serta tak berkunjung ke kediaman keluarganya di Las Vegas. Pada 1 Juli malam waktu setempat, Escobar semnpat berjumpa di satu bar dengan rekan-rekannya. Lalu Escobar berpisah dengan rekan-rekannya serta pada jam tiga awal hari esok harinya, pada saat ia sedang sendirian di pelataran parkir, tiga orang mendatangai Escobar yang ada di dalam mobilnya.

Dua orang diantara mereka menunjukkan senjata api lalu menembak Escobar sampai enam kali. Menurut kabar, pembunuh tersebut berteriak ‘iGol! ’, lalu meninggalkan Escobar di dalam mobilnya. Sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi nyawanya suidah tak tertolong 45 menit kemudian. Berita wafatnya Andres Escobar lalu jadi headline di nyaris seluruh dunia. Gol bunuh diri Escobar saat laga kontra AS disebut-sebut jadi penyebab pembunuhan itu.