emmanuel adebayor
On this Day (19 Juli): Emmanuel Adebayor Hengkang dari Arsenal

Bolahero.com – Penyerang asal Togo, Emmanuel Adebayor pernah jadi pujaan para pendukung Arsenal. Setelah beberapa tahun berkarier bersama Tim Meriam London, Adebayor pun memilih meninggalkan Emirates Stadium. Tak main-main, tim yang diperkuat selanjutnya adalah pesaing Arsenal sendiri di Premier League, yakni Manchester City. Pada saat itu, City masih ditangani oleh  Mark Hughes.

Tepat hari ini, 19 Juli 2009, Emmanuel Adebayor meresmikan kepergiannya dari Arsenal. Saat itu Manchester City yang punya banyak dana di bursa transfer pemain langsung memboyong Adebayor. Striker asal Togo itu menyetujui perjanjian dengan durasi lima tahun berbarengan The citizens. Di musim panas 2009, ia jadi bomber ketiga yang didatangkan ke Eastlands.

Pada saat itu City punya barusan lini depan yang mengerikan. Pasalnya sebelum sukses mendatangkan Emmanuel Adebayor, Mark Hughes telah sukses memperoleh Roque Santa Cruz dan Carlos Tevez. Dengan masuknya Adebayor, lini depan City pun jadi salah satu yang berbahaya di Premier League.

Ketika hadir ke Etihad Stadium, Adebayor mengatakan bahwa City akan membuatnya istimewa, serta tak sabar lagi untuk berlaga di depan para pendukung The Citizens. “Saya tak sabar untuk berkiprah di depan para fans serta mempertontonkan kemampuan terbaik saya,” kata Emmanuel Adebayor saat itu.

“Saya dilahirkan untuk jadi seorang pemain sepakbola. Hanya itulah yang sekarang saya inginkan. Saya merapat ke tim ini untuk membuat sejarah baru serta menantikan bagaimana respons suporter terhadap saya. Itulah yang diutarakan oleh presiden klub serta manajer pada saat mengungkap keinginan mereka.”

Di musim debutnya bersama City, Emmanuel Adebayor berhasil mengemas 14 gol dari 26 laga yang ia lakoni di Premier League, termasuk lesakan gol ke gawang mantan timnya, Arsenal pada September 2009. Gol itu pun menjadi pro dan kontra mengingat selebrasi Emmanuel Adebayor dianggap berlebihan.

Selebrasi itu pastinya akan selalu diingat oleh fans The Gunners, dan serta merta membuat Adebayor menjadi musuh bagi mereka. Namun karier Emmanuel Adebayor di Etihad Stadium tak bertahan lama. Ia kemudian hijrah ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2011. Kini usia Emmanuel Adebayor berusia 32 tahun. Kini ia tidak punya tim setelah Crystal Palace melepasnya di akhir musim lalu.