Giacinto Facchetti
On this Day (18 Juli): Giacinto Facchetti, Presiden Terpopuler Inter MIlan

Bolahero.comGiacinto Facchetti dikenal sebagai sosok presiden Inter Milan paling populer. Selama aktif menjadi pemain sepakbola, ia juga merupakat salah satu bakat terbaik di sektor bek kiri yang pernah dipunyai Italia. Giacinto Facchetti mempunyai reputasi mentereng saat masih aktif sebagai pemain bersama Inter Milan dan timnas Italia.

Lahir pada 18 Juli 1942 di Treviglio, Italia, Giacinto Facchetti menghabiskan karier profesionalnya bersama Nerazzurri. Ia melakoni sebanyak 634 laga dengan torehan 75 gol sepanjang berkostum biru-hitam. Giacinto Facchetti juga menjadi bagian masa kejayaan Inter yang populer dengan panggilan ‘Grande Inter’ di bawah manajer Helenio Herrera.

Pada saat itu, Inter Milan sukses memenangkan empat scudetto Serie A Italia, dua Liga Champions dan dua trofi Piala Interkontinental. Di level internasional, Giacinto Facchetti telah membela Gli Azzurri sejumlah 94 caps serta turut serta dalam tiga gelaran Piala Dunia. Prestasi terbaiknya di Piala Dunia adalah menjadi runner-up pada edisi 1970.

Selepas tidak lagi aktif menjadi pemain, Giacinto Facchetti tetaplah jadi bagian Inter. Ia pun mempunyai jabatan di dalam manajemen Inter. Sampai akhirnya pada 2004 lalu, ia menjadi presiden tim. Sebelum akhirnya Giacinto Facchetti wafat pada 4 September 2006.

Semasa hidupnya, Giacinto Facchetti dikenang menjadi satu diantara bek kiri paling baik di generasinya. Selain punya kemampuan yang baik saat bertahan, ia juga punya visi hebat dalam membangun serangan. Kepiawaiannya itu dapat dibuktikan oleh Giacinto Facchetti dengan pernah meraih tempat kedua di ajang Ballon d’Or 1965.

Mempunyai kecepatan, teknik yang bagus, ketangkasan dan stamina yang kuat membuat duet Facchetti dan Tarcisio Burgnich pada saat itu jadi satu diantara bagian penting dalam sepakbola Catenaccio Inter ketika itu. Catenaccio sendiri adalah gaya sepakbola Italia yang identik dengan permainan bertahan.

Hari ini, 18 Juli 1942 silam, merupakan hari kelahiran sang legenda. Untuk mengenang pesepakbola yang wafat pada usia 64 tahun itu, Inter Milan pun memensiunkan nomor punggung 3 yang semasa aktif menjadi pemain dipakai oleh Giacinto Facchetti.