diego costa
On this Day (15 Juli): Chelsea Boyong Diego Costa dari Ateltico

Bolahero.com – Hari ini, 15 Juli, dua tahun yang lalu, Diego Costa resmi berseragam Chelsea usai ditransfer dari Atletico Madrid. Peristiwa ini terjadi hanya beberapa minggu sesudah Spanyol gugur di Piala Dunia 2014. Striker kelahiran Brasil itu resmi bergabung bersama The Blues dengan banderol 32 juta poundstelring.

Tidak cuma hijrah ke tim yang bergengsi, Diego Costa ikut memperoleh gaji besar di tim barunya. Penyerang yang pernah bermain untuk Braga itu dipercaya terima gaji 185 ribu poundsterling per minggu. Itu artinya, gaji Diego Costa hampir dua kali lebih besar dari gaji sebelumnya di Atletico Madrid, yang disebut kurang dari 100 ribu pounsterling.

Peristiwa kepindahan itu menjadi puncak karier Diego Costa sebagai pesepakbola profesional. Di musim sebelumnya, ia tampil begitu tajam dengan gelontoran 36 gol dari 52 laga bersama Atletico. Striker bengal ini juga turut membantu Los Rojiblancos yang berhasil merengkuh gelar La Liga Spanyol pertama mereka sejak 1996 silam. Ia juga mengantarkan timnya sampai ke final Liga Champions.

Jose Mourinho yang saat itu masih menjadi manajer The Blues, mempunyai alasan tersendiri merekrut Diego Costa. Ia menyatakan tim London itu tengah memerlukan striker “pembunuh” untuk bisa menjadi juara. Maklum saja, beberapa striker Chelsea seperti Fernando Torres, Demba Ba dan Samuel Eto’o bermain tidak konsisten dan membuat The Blues cuma finis ketiga Premier League 2013/14.

Baru semusim di Stamford Bridge, keputusan Mourinho mendatangkan Diego Costa sudah terbukti. Ia langsung unjuk gigi di musim debutnya. Pemain asal Brasil yang memilih gabung ke timnas Spanyol berhasil menyarangkan 20 gol dalam 26 laga di Premier League 2014/15. Didukung pemain tengah sekelas Cesc Fabregas, Diego Costa tampil tajam. The Blues pun akhirnya sukses mengusung gelar juara Premier League dan Piala Liga di usim itu.

Namun, pada musim keduanya, Diego Costa mengalami penurunan performa. Bukan hanya secara individu, tapi Chelsea juga terjun bebas di klasemen liga. Striker La Roja itu cuma mencatatkan 12 gol dalam 28 laga di Liga Primer. Ketajamannya baru kembali hidup saat Guus Hiddink masuk menggantikan Mou yang dipecat.