howard webb
On this Day (14 Juli): Selamat Ulang Tahun Howard Webb!

Bolahero.com – Pencinta sepakbola pasti tahu siapa itu Howard Webb. Ya, ia merupakan salah satu wasit legendaris dan paling populer di jagad sepakbola. Hal paling terkenang dari Howard Webb adalah saat ia jadi wasit pertama di dunia yang memimpin dua partai final paling bergengsi di tahun yang sama, yakni final Liga Champions dan Piala Dunia.

Howard Webb merupakan wasit internasional asal Inggris yang terkenal dengan ketegasannya, walau ia juga pernah memberikan beberapa keputusan kontroversial sepanjang kariernya sebagai wasit. Pria kelahiran Rotherham, West Riding of Yorkshire, Inggris 14 Juli 1971 itu merupakan satu diantara wasit paling dihormati di sepakbola dunia.

Howard Webb memulai kiprahnya sebagai wasit profesional di Rotherham pada tahun 1989 silam. Baru sembilan tahun kemudian ia memulai debut menjadi asisten wasit di Premier League. Sebelumnya akhirnya di tahun 2003 ia ditunjuk sebagai wasit utama.

Laga Fulham vs Wolverhampton Wanderers pada 18 Oktober 2003 merupakan pertandingan pertama yang dipimpin Howard Webb pada liga utama Inggris. Dua tahun kemudian, ia pun memimpin pertandingan internasional di bawah FIFA.

Peristiwa paling bersejarah bagi Howard Webb adalah pada tahun 2010 lalu. Tahun itu disebut-sebut sebagai puncak karier seorang Webb sebagai seorang wasit. Ia dipercaya oleh UEFA untuk memimpin partai puncak Liga Champions antara Inter Milan vs Bayern Munich. Laga tersebut akhirnya dimenangkan oleh Inter dengan diwarnai tiga kartu kuning dan satu kartu merah.

Di tahun yang sama, FIFA menugaskan Howard Webb untuk memimpin babak final yang lebih bergengsi, yakni final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Pria yang berprofesi sebagai polisi di South Yorkshire itu mengawali tugasnya di di Afrika Selatan pada laga penyisihan grup H antara Spanyol vs Swiss. Sebelum akhirnya ia memimpin partai puncak yang mempertemukan Belanda dan Spanyol.

Bukan hanya soal memimpin dua final dalam tahun yang sama, tapi Howard Webb juga jadi wasit asal Inggris pertama yang jadi pemimpin pertandingan di laga final Piala Dunia, sejak tahun 1974. Wasit Inggris terakhir yang melakukan tugas serupa adalah Jack Taylor pada laga Belanda vs Jerman Barat.

Selamat ulang tahun Howard Webb!