uefa plaque
On this Day (12 Juli): Tim Pertama yang Meraih UEFA Plaque

Bolahero.com – Selain treble winners, tim-tim di Eropa ternyata punya penghargaan khusus bagi tim yang meraih tiga gelar. Penghargaan itu bernama UEFA Plaque. Apa itu UEFA Plaque? Ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada sebuah tim yang sukses merengkuh tiga gelar juara antarklub di level Eropa.

Tahukah Anda tim mana yang pertama kali memenangi penghargaan tersebut? Ternyata merupakan raksasa Serie A, Juventus. Si Nyonya Tua merupakan tim pertama yang merengkuh tiga gelar di level Eropa, yakni Liga Champions, Winners Cup serta Piala UEFA. Hal itu mengantarkan mereka meraih penghargaan bernama UEFA Plaque, tepat hari ini tahun 1988 silam.

Sebagai satu diantara tim paling berjaya di level Eropa dengan penghargaan UEFA Plaque, Bianconeri memulai keberhasilan mereka dengan menjadi kampiun Piala UEFA 1977. Di babak final, Juve menaklukkan Athletic Bilbao melalui keunggulan gol tandang dalam partai puncak yang saat itu menggunakan sistem laga tandang dan kandang.

Ajang lain yang sukses mereka menangi adalah trofi Winners Cup 1984. Raksasa Serie A menggondol trofi itu usai menyudahi perlawanan tim tangguh Liga Portugal, FC Porto di laga final ajang itu. Juventus pun tinggal selangkah lagi untuk meraih UEFA Plaque, dengan syarat harus menjadi juara Liga Champions.

Ternyata penantian Juventus untuk meraih penghargaan UEFA Plaque tidak membutuhkan penantian panjang. Setahun setelah menjadi pemenang Winners Cup 1984, Juventus membawa pulang trofi Liga Champions ke Turin. Ini adalah trofi pertama mereka, yang diraih berkat kemenangan 1-0 atas wakil Inggris, Liverpool.

Soal penghargaan UEFA Plaque ini, Juventus perlu berterima kasih kepada Michel Platini. Gol tunggal legenda sepakbola Prancis itu membawa Juve merengkuh gelar paling bergengsi antarklub di Eropa. Setelah Juventus, tidak banyak tim Eropa yang sukses mendapatkan penghargaan UEFA Plaque. Tercatat, cuma ada dua tim yang berhasil ikuti jejak Si Nyonya Tua.

Dua tim yang juga pernah menyabet pengharagaan UEFA Plaque yaitu Ajax Amsterdam (Belanda) dan Bayern Munich (Jerman), setelah menjuarai tiga gelaran utama di level Eropa. Selain UEFA Plaque, Juventus juga memegang rekor tim paling sukses yang pernah memenangkan 1 Piala Intertoto, 2 Piala Super Eropa dan 2 Piala Interkontinental.