dino zoff
On this Day (11 Juli): Dino Zoff Catatkan Rekor

Bolahero.comDino Zoff bakal senantiasa diingat berkat pencapaian rekornya. Tepat pada hari ini, 11 Juli, merupakan hari di mana sang kiper Italia mencatatkan rekornya itu. Bicara tentang Dino Zoff, bakal ada beberapa hal yang pasti bakal diingat oleh pencinta sepakbola. Namun apabila dikerucutkan pada satu hal saja, benang merahnya pasti akan mengekor pada rekor yang ia catatkan.

Mantan penjaga gawang timnas Italia yang sudah berumur 74 tahun itu masih memegang rekor sebagai pemain tertua yang pernah membela Gli Azzuri di pentas internasional. Caps terakhir Zoff bersama Italia merupakan pada saat timnya dikalahkan Swedia 2-0 pada 29 Mei 1983 silam. Ketika itu, usia Dino Zoff telah menginjak ke-41 tahun 89 hari.

Akan tetapi rekor yang paling membaut publik terkesan merupakan saat dia mencatatkan rekor luar biasa pada hari ini, 34 tahun lalu, tepatnya ketika Dino Zoff mengantarkan Italia menaklukkan Jerman Barat di Piala Dunia 1982 dengan skor akhir 3-1. Zoff berumur 40 tahun 133 hari pada saat melakoni laga tersebut. Hal itu menjadikan Dino Zoff sebagai pemain paling tua yang pernah berkiprah di ajang Piala Dunia.

Dino Zoff juga jadi pemain yang paling tua di partai final Piala Dunia, serta juga berhasil keluar sebagai juara sesudah Italia mengandaskan perlawanan Jerman Barat. Penampilan Dino Zoff serta Italia di ajang itu memang mengalami pasang surut sejak lolos ke putaran final. Italia tergabung di grup A pada fase penyisihan pertama, serta mereka cuma dapat mengambil langkah ke babak selanjutnya dengan status runner-up grup dengan meraih tiga hasil seri serta gawang Dino Zoff kemasukkan dua gol.

Barulah di babak kedua, Italia memberikan kejutan dengan berhasil menaklukkan Brasil dan Argentina, sebelum  akhirnya lolos dengan status juara group ke babak gugur. Dino Zoff membawa Italia memenangi laga kontra Polandia di semi-final dengan angka 2-0, dan pada akhirnya mengalahkan Jerman di final dengan angka 3-1 untuk mengangkat trofi juara.

Lantaran berhasil mencatat dua kali clean sheet dan mengusung Italia menjuarai Piala Dunia 1982, Zoff dinobatkan menjadi penjaga gawang terbaik di ajang itu.