roberto donadoni
On thi Day (13 Juli): Roberto Donadoni Tangani Timnas Italia

Bolahero.com – Eks pemain AC Milan, Roberto Donadoni, ditunjuk untuk menangani timnas Italia. Saat itu, Donadoni hadir untuk menukar posisi Marcelo Lippi, usai berhasil membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006. Peristiwa bersejarah itu terjadi tepat hari ini, 13 Juli 10 tahun yang lalu. Roberto Donadoni dipercaya oleh Federasi Sepakbola Italia (FIGC) usai Lippi mengundurkan diri.

Tidak dipungkiri lagi, eks penggawa AC Milan itu memikul beban yang berat saat harus melanjutkan tongkat estafet Lippi, sesudah juru taktik veteran itu mundur usai sukses menjadi juara dunia. Roberto Donadoni memang sangatlah sukses sebagai seorang pemain. Roberto Donadoni tercatat pernah menyabet enam scudetto serta tiga kali mengangkat trofi Piala Eropa berbarengan Milan.

Donadoni pada akhirnya mengambil keputusan untuk pensiun dari dunia sepakbola pada tahun 2000, sesudah sempat membela tim Liga Arab Saudi, Al-Itiihad, selama satu musim. Setahun setelah gantung sepatu, Roberto Donadoni langsung menjajal peruntungan menjadi seorang manajer tim. Pada 2001 ia resmi menukangi Lecco, lalu Genoa pada 2003, serta Livorno sejak 2003-2006.

Sebelum akhirnya, federasi langsung menugaskannya sebagai pelatih timnas. Roberto Donadoni pun melakoni partai debutnya dengan tidak mulus. Saat itu ia berusia 42 tahun, Donadoni menuai hasil yang kurang memuaskan dari tiga laga pertamanya bersama Gli Azzuri. Dari tiga pertandingan debut itu, Roberto Donadoni hanya bisa mengantar Italia meraih satu hasil imbang dan dua kekalahan. Tak heran jika banyak jurnalis setempat yang memberi sinyal agar Lippo kembali melatih timnas.

Ketidakberhasilan Roberto Donadoni semakin terlihat jelas saat Italia bertanding di ajang Piala Eropa 2016. Meski berhasil lolos dari grup C, Italia gugur di fase delapan besar usai disingkirkan Spanyol lewat babak adu penalti. Kejuaraan itupun menjadi satu-satunya ajang internasional yang dilakoni Roberto Donadoni bersama Gli Azzuri.

Dari keseluruhan 23 laga yang ia lakoni, Roberto Donadoni hanya mampu menghadirkan 13 kali kemenangan, lima hasil seri dan lima kali kalah. Saat ini, Donadoni masih menjadi manajer Bologna, serta masih terikat kontrak hingga Juni 2017.