Nawalka Berharap Kekalahan Ini Menjadi Awal Era Cemerlang Polandia
Adam Nawalka mengomentari kekalahan Polandia di babak 16 besar menghadapi Portugal

Bolahero.com – Meskipun timnya baru tersingkir dari Piala Eropa 2016 namun Adam Nawalka berharap kekalahan ini menjadi awal dari era cemerlang Polandia yang menjadi salah satu tim kejutan pada turnamen ini mengingat status mereka yang sama sekali tidak begitu diunggulkan dan hanya menjadi tim underdog di antara tim-tim unggulan lainnya macam Jerman, Italia, Prancis dan Portugal.

Polandia memang mesti merelakan langkah mereka terhenti hanya sampai di babak perempatfinal Piala Eropa 2016 saja dikarenakan mereka kalah dari Portugal yang memenangi babak adu penalti dengan skor akhir 5-3 setelah kedua tim ini hanya mampu bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan waktu 2×15 menit berakhir. Kekalahan ini memang cukup menyesakkan apalagi Polandia sebenarnya sempat unggul cepat di menit ke-2 setelah Robert Lewandowski membobol gawang Selecao.

Akan tetapi tim asuhan Fernando Santos ini mampu bangkit dengan mencetak gol penyeimbang di menit ke-33 lewat Renato Sanchez hingga pada akhirnya laga yang digelar di Stade Velodrome pada Jumar, (1/7/16) dini hari WIB tersebut mesti diakhir dengan adu tos-tosan yang dimenangi oleh Portugal. Meskipun timnya kalah namun Nawalka merasa optimis bila ini menjadi awal era cemerlang Polandia dalam turnamen internasional.

“Saya merasa bila ekspektasi para penggemar menjadi motivasi kami untuk bisa tampil dengan lebih baik lagi. Kami juga merasakan dukungan mereka selain itu kami pun merasakan jika kami bisa memberikan mereka banyak kesenangan,” ucap Nawalka seperti yang dikutip dari situs resmi UEFA usai laga menghadapi Portugal ini.

“Saya sendiri sangat berharap kami akan bisa terus untuk maju dan semoga saja kejuaraan ini menjadi bukti awal dari sebuah era cemerlang Polandia tetapi kami masih akan berusaha untuk tetap tenang,” lanjut Nawalka.

“Kami sadar jika lawan-lawan yang kami hadapi akan bermain secara berbeda ketika menghadapi kami yang sekarang dan seandainya saja kami menginginkan untuk memainkan peranan yang besar di sepakbola internasional tentu kami harus bersiap,” tutup Nawalka yang menjamin timnya akan siap untuk berkembang lebih baik lagi ke depannya.