You’ll Never Walk Alone
Momen Spesial dalam Derby ‘You’ll Never Walk Alone’

Bolahero.com – Duel leg I babak perempat final Liga Europa antara Borussia Dortmund vs Liverpool, menjadi momen yang spesial. Pasalnya pendukung kedua tim memiliki anthem yang sama, yakni lagu You’ll Never Walk Alone.

Nyanyian pendukung Dortmund dan Liverpool yang total berjumlah sekitar 81 ribu orang pun bikin merinding. Pada akhirnya, laga pada Jum’at (8/4) dinihari WIB lalu berakhir dengan skor imbang 1-1. Hasil itu dikira cukup adil bagi kedua tim.

Momen yang benar-benar spesial bisa dilihat di tribun stadion Signal Iduna Park. Para pendukung kompak membentangkan syal-syal bertuliskan “You’ll Never Wlk Alone’. Di satu sisi terlihat dominasi warna kuning-hitam khas tuan rumah, di sisi lain terlihat dominasi warna merah Liverpool.

Mantan bek Liverpool, Mark Lawrenson mengaku kagum dengan momen langka tersebut. “Itu merupakan momen yang sangat luar biasa. Benar-benar fantastis,” ujar Lawrenseon dikutip dari BBC.

Seperti dilansir ESPNFC, lagu You’ll Never Walk Alone ini merupakan lagu yang diimpor oleh tim Jerman St Pauli pada tahun 1990-an. Awalnya klub asal Skotlandia, Celtic sudah terlebih dahulu mengadopsi lagu itu dari Liverpool.

Borussia Dortmund sendiri diduga mulai kepincut dengan lagu itu saat berjumpa Celtic di Piala UEFA tahun 1987. Ada juga yang menyebut Dortmund terbawa pengaruh St Pauli yang mempopulerkan lagu itu di Jerman. Tapi yang pasti, Die Borussen kini menjadikan lagu You’ll Never Walk Alone sebagai anthem kebanggaan mereka.

Akibat kesamaan itulah, laga Dortmund vs Liverpool di Liga Europa tengah pekan kemarin disebut sebagai derby You’ll Never Walak Alone. Keterikatan kedua tim juga bukan hanya dari lagu, tapi juga lantaran sosok Jurgen Klopp. Ya, peracik strategi asal Jerman itu pernah tujuh tahun menangani Dortmund.

Pertandingan leg I lalu menjadi kali pertama Klopp kembali ke Signal Iduna Park setelah hengkang pada tahun 2015 lalu. Publik tuan rumah pun masih memberikan respek dan sambutan yang hangat untuk Klopp.

Terlepas dari itu, kedua tim masih sama-sama berpeluang untuk lolos ke babak berikutnya. Leg II akan berlangsung di Anfield, 15 April mendatang.